PAN Usulkan Eko Patrio jadi Menteri: Sudah 3 Periode di DPR RI

Ketua Umum Pan Zulkifli Hasan bersama Pasha Ungu, Eko Patrio dan Uya Kuya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Eko Hendro Purnomo, diusulkan oleh Partai Amanat Nasional atau PAN, untuk menjadi menteri di pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Eko Patrio, biasa dia dikenal, dinilai punya kontribusi dan juga punya pengalaman panjang.

Anak Eks Menteri Soeharto Meninggal Dunia saat Rumahnya Dieksekusi Pengadilan

Ketua Fraksi PAN DPR RI,  Saleh Partaonan Daulay, menyebut Eko Patrio sebagai salah satu kader yang sangat berkontribusi kepada partai dan DPR. Hal itu menyusul dengan dukungan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan kepada Eko untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

"Mas Eko itu selama ini sangat kontributif. Tidak hanya di DPR, tetapi juga di partai. Banyak tugas di DPR dan di partai yang sukses dilaksanakan. Ya, pantas aja kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah satu calon menteri," kata Saleh kepada wartawan, Senin, 6 Mei 2024.

Lawan Cawalkot yang Diendorse Gibran di Pilkada Solo Tambah Dukungan 4 Parpol

Kendati demikian, kata Saleh, penyusunan kabinet Prabowo-Gibran masih dalam proses. Menurutnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang selama ini mendukung dan mengusung duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, belum mengetahui posisi menteri yang ditawarkan.
 
"Partai-partai pendukung belum mengetahui posisi yang ditawarkan. Masih menunggu komposisi yang mungkin sedang difinalisasi," ucap dia.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menegaskan, pihaknya belum mengetahui secara khusus terkait posisi menteri di kabinet. PAN, kata dia, hanya menyiapkan nama kader-kader yang dinilai sanggup untuk masuk kabinet, salah satunya Eko Patrio.
 
"Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat, dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri. Kan pasti ada posisi dimana mas Eko sangat menguasai. Nah, apakah posisi itu ditawarkan ke PAN? Kita tunggu saja. Tidak usah terburu-buru," tuturnya.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Sebagai informasi, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut, Eko Patrio yang merupakan kader dari PAN berpeluang menjadi calon menteri. Hal ini disampaikan Zulhas saat menjawab nama-nama kader yang berpotensi maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta.

Zulhas mulanya menyebut nama-nama yang akan maju di Pilkada Jakarta seperti Pasha Ungu, putrinya Zita Anjani, hingga Eko Patrio. Kemudian, setelah menyebutkan nama Eko, Zulhas melanjutkan ucapannya dan menyebut Eko berpeluang menjadi menteri.

"Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko. Tapi kan Eko calon menteri ya," kata Zulhas di Jakarta, Minggu, 5 Mei 2024.

Namun, Zulhas tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai posisi menteri apa yang akan dijabat oleh Eko Patrio nantinya. Dia hanya mengatakan bahwa politik itu dinamis, artinya apapun bisa terjadi kedepannya. 

"Oh ya nanti lah kita lihat, politik kan dinamis," ujarnya.

Di sisi lain, dia menuturkan bahwa ada beberapa nama kader PAN yang akan maju di Pilkada Jawa Barat mendatang. Nama-nama ini diantaranya Bima Arya hingga Desy Ratnasari. 

"Pilkada Jawa Barat ada Bima Arya sudah deklarasi sama Desy ya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya