Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Ilustrasi Kantor Bawaslu RI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Herwyn JH Malonda memandang perlu upaya menguatkan nilai dan menghadirkan keadilan Pemilu, sehingga Pilkada 2024 semakin baik. Untuk itu, Bawaslu segera merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). 

Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

”Kami memulainya dengan perekrutan Panwascam melalui dua tahapan. Pertama melakukan evaluasi, kedua kalau tidak memenuhi syarat maka kita melakukan pembukaan," kata Herwyn dalam keterangannya kepada awak media, Kamis, 25 April 2024.

Herwyn menerangkan, Bawaslu akan membuka pendaftaran Panwascam pada tanggal 27 April 2024. "Kami akan membuka penerimaan administrasi berkas untuk memastikan apakah memenuhi syarat atau tidak," ujarnya. 

PAN Serahkan SK Dukungan ke-8 Paslon Cagub-Cawagub di Pilkada 2024

Ilustrasi persiapan logistik untuk pilkada.

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Dia pun mengingatkan agar berhati-hati dalam melakukan perekrutan Panwascam untuk Pilkada yang berasal dari eksisting Panwascam Pemilu. 

Ahmad Ali soal Nasdem Usung Anies di Pilkada Jakarta: Hanya Allah dan Surya Paloh yang Tahu

“Namanya rekrutmen itu mempunyai potensi pelanggaran. Saya minta tidak ada transaksi apa pun soal ini. Jangan gadaikan masa jabatan hanya untuk transaksi rekrutmen ini. Kalau ada yang melanggar, maka tidak ada kata maaf. Laksanakan secara profesional sesuai regulasi,” kata Herwyn. 

Lebih jauh, Herwyn meminta jajaran pengawas daerah untuk bekerja lebih baik di Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024. “Ini tantangan terakhir sampai periode (masa jabatan) berakhir,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya