Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

Ketua Umum Pan Zulkifli Hasan bersama Pasha Ungu, Eko Patrio dan Uya Kuya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Partai Amanat Nasional atau PAN, ingin mendorong kader-kadernya maju di Pilkada Serentak 2024. Di Jakarta, bahkan 2 nama yang kini disiapkan untuk maju pada pilkada yang akan dilaksanakan pada November 2024 tersebut.

Sepuluh Program Unggulan Ahmad Ali – AKA di Sulteng Sejalan Dengan Program Prioritas Prabowo

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengatakan ada beberapa nama yang dijagokan untuk Jakarta. Dia menyebut nama Eko Hentro Purnomo, atau yang lebih dikenal dengan Eko Patrio. Eko saat ini adalah Ketua DPD PAN Jakarta dan juga dikenal sebagai komedian. Satu lagi nama yang disebut adalah Zita Anjani, yang saat ini adalah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

"Kalau Jakarta itu ada Eko Patrio, ada Mba Lula Kamal, ada Zita Anjani, ya banyak," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024.

KPU Tetapkan DPT Pilgub Sumut 10.771.496 Pemilih, Milenial dan Gen Z Mendominasi

Politisi yang lebih akrab disapa Zulhas itu sendiri menegaskan, PAN memprioritaskan kader partainya sendiri untuk maju dalam pilkada. Meski begitu, pihaknya juga tidak menutup peluang untuk pihak eksternal jika ingin mencalonkan diri melalui PAN.

"Jadi, utamakan kader-kader. Kalau tidak ada kader yang lain tentu nanti kita juga membuka peluang seluas-luasnya kepada pihak eksternal untuk bersama-sama nanti maju di pilkada kabupaten kota atau gubernur di daerah manapun," jelas dia.

Jokowi ke TNI: Transisi Jangan Ada Riak, Jaga Pilkada Kondusif

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengatakan pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain pada pilkada serentak ini. Tidak hanya fokus pada Koalisi Indonesia Maju seperti di Pilpres 2024.

"Kita prinsipnya terbuka untuk koalisi dengan partai manapun, terbuka. Tidak ada istilah harus dengan koalisi yang pilpres kemarin, tidak. Tapi kalau bisa itu diwujudkan kembali di tingkat provinsi, kabupaten/kota ya silakan saja, tapi bilamana dinamisasi itu berbeda dengan koalisi di tingkat pusat, tidak ada masalah," jelas Yandri.

Ketua Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily memberikan keterangan di kantornya di Bandung, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Elektabilitas Dedi-Erwan di Pilkada Jabar Unggul, Golkar Waspadai Kompetitor

Ketua Partai Golkar Jawa Barat mengatakan bahwa pihaknya mempersiapkan strategi khusus untuk menjaga tingkat elektabilitas pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2024