Kata Jokowi soal Apakah Pemilu Presiden 2024 Bakal Satu Putaran?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 10
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana telah melakukan pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di TPS 10 Gambir, halaman Kantor Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia pada Rabu, 14 Februari 2024.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Dalam Pemilu Presiden 2024, ada tiga pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang ditetapkan KPU RI yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 10

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Lalu, bagaimana pendapat Jokowi terkait apakah Pemilu Presiden 2024 akan berjalan satu putaran. Menurut dia, sebaiknya semua harus menunggu hasil keputusannya nanti.

“Kita tunggu bersama-sama (yakin 1 putaran),” kata Jokowi di TPS 10 Gambir.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Kemudian, Jokowi mengaku tidak akan ikut menonton perhitungan cepat sementara (quick count) usai mencoblos. Sebab, Jokowi ingin langsung kembali ke Istana Kepresidenan.

“Enggak (mantau quick count). Setelah dari sini, langsung kembali ke Istana. Mungkin di Jakarta, mungkin di Bogor,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akan melakukan pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di TPS 10, halaman Kantor Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Februari 2024.

Dari pantauan, Jokowi tiba di TPS 10 Gambir sekira jam 08.48 WIB. Tampak, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mencoblos di TPS 10 tersebut. Terlihat, Jokowi memakai baju kemeja putih, dan Iriana memakai baju kebaya warna hijau sage.

Begitu tiba, Jokowi dan Iriana diminta memperlihatkan undangan untuk memilih oleh petugas. Kemudian, Jokowi dan Iriana diberikan kertas suara dilanjut memperlihatkan kepada awak media kertas suaranya itu.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 10

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Satu persatu, Jokowi dan Iriana membuka kertas suara baik surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Jakarta. Setelah itu, Jokowi dan Iriana langsung ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana memasukkan kertas suara ke kotak suara. Lalu, Jokowi dan Iriana mencelupkan jari kelingkingnya ke tinta dilanjut memperlihatkan kepada awak media.

“Alhamdulillah, baru saja saya bersama Ibu Iriana telah melakukan pencoblosan dalam rangka pemilihan Presiden Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD Ibu Kota Jakarta,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya