LSI: 66,3 Persen Responden Ingin Pemilu Satu Putaran

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan data bahwa sebanyak 66,3 persen responden menginginkan Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

Prabowo Temui Anwar Ibrahim, Bahas Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, survei LSI kali ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan total jumlah responden mencapai 1.220 responden.

Para responden awalnya ditanya, apakah mereka setuju atau tidak setuju jika Pemilu berlangsung dalam satu putaran. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 73,4 persen responden mengatakan setuju.

Menhan Prabowo Temui Raja Malaysia, Ini yang Dibahas

Ilustrasi warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di Pemilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pertanyaan selanjutnya yakni apakah menurut para responden pilpres kali ini akan berlangsung satu putaran, dimana salah satu kandidat akan memperoleh suara di atas 50 persen, atau dua putaran di mana tidak ada kandidat memperoleh suara di atas 50 persen dan yang akan maju di putaran ke dua adalah paslon peringkat 1 dan 2.

RK di Depan Warga Betawi: Saya dan Pak Prabowo Bestie, Gampang Kalau Ada Apa-apa

"Hasilnya, responden yang menginginkan (pemilu) satu putaran sebanyak 66,3 persen, dua putaran sebanyak 22,2 persen, dan responden yang tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 11,6 persen," kata Djayadi dalam telekonferensi pers hasil survei LSI, Sabtu, 10 Februari 2024.

Kemudian, para responden kembali ditanya mengenai siapa pasangan yang akan menjadi pemenang Pilpres. Hasilnya, sebanyak 53,8 persen responden memprediksi bahwa pasangan Prabowo-Gibran lah yang akan menang.

"Hasil prediksi pemenang pilpres yakni paslon nomor 01 Anies-Muhaimin 18,5 persen, paslon 02 Prabowo-Gibran 53,8 persen, paslon 03 Ganjar-Mahfud 16,8 persen, dan responden yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab 10,9 persen," ujarnya.

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menyusun kotak suara yang berisi surat suara hasil Pemilu Serentak 2019. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Selain itu, lanjut Djayadi, responden pun diberi pertanyaan mengenai siapa paslon yang akan menduduki peringkat kedua. Dimana, mayoritas responden memilih pasangan Ganjar-Mahfud.

"Menurut Ibu/Bapak, siapa yang akan menduduki peringkat ke 2 dalam Pilpres 14 Februari 2024 mendatang? Dan hasil survei menunjukkan paslon 01 Anies-Muhaimin 27,4 persen, paslon 02 Prabowo-Gibran 28,7 persen, paslon 03 Ganjar-Mahfud 28,7 persen, dan responden yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab 15,1 persen," ujarnya.

Margin of Error (MoE) dari ukuran sampel pada survei LSI tersebut adalah sebesar +/- 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi sample random sampling. Survei dilakukan pada tanggal 29 Januari-5 Februari 2024, dan responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya