TKN Yakin Gibran Bakal Buat Kagum Lagi di Debat Kedua Cawapres Malam Ini

Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Akbar Himawan Buchari meyakini Gibran Rakabuming Raka akan kembali membuat kagum dalam debat cawapres, yang bakal digelar malam ini. Hal itu katakan Akbar karena Gibran sebelumnya sempat membuat terkejut publik pada debat pertama Cawapres 22 Desember 2023 lalu.

Menlu Retno Bicara Lantang Bela Palestina di Forum Debat Terbuka DK PBB

"Publik, bahkan elite dari paslon lain telah tercenang melihat aksi Mas Gibran di debat cawapres sebelumnya. Saya yakin, saat debat besok, Mas Gibran akan kembali membuat kita kagum," ujar Akbar dalam siara pers yang diterima wartawan, Minggu, 21 Januari 2024.

Akbar Himawan Buchari

Photo :
  • Dok. Istimewa
Ini Jadwal Debat Pilkada Jakarta 2024, Digelar 3 Kali

Untuk diketahui, debat kali ini mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Menurut Akbar, dari ketiga cawapres yang ada, hanya Gibran yang terbukti sukses memimpin masyarakat. Jabatan Wali Kota Solo yang diembannya, membuat Gibran memahami pentingnya pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

KPU Laksanakan Debat Cagub-Cawagub Pilgub Sumut Tiga Kali

"Cak Imin kita akui merupakan politisi sukses, jadi ketua umum salah satu partai. Begitu juga dengan Prof Mahfud sebagai akademisi dan pakar hukum. Namun, keduanya belum berpengalaman memimpin suatu daerah," kata Akbar.

Banyak yang menyebut bahwa Pilpres bisa dimenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran, jika tidak ada kejadian yang luar biasa. Menurut Akbar, prediksi tersebut bisa jadi kenyataan.

"Sampai H minus 25 sebelum pencoblosan, belum ada kejadian yang luar biasa. Menurut saya yang luar biasa memukau itu justru Mas Gibran di debat pertama kemarin, dan akan terjadi lagi di debat besok," ujarnya.

Akbar mengatakan, paslon nomor urut 2 akan melanjutkan program hilirisasi yang diinisiasi Presiden Joko Widodo. Lebih tepatnya, Prabowo-Gibran akan mengusung konsep hilirisasi yang berkelanjutan untuk mendukung pengelolaan sumber daya secara berkelanjutan.

Lagipula, pembangunan berkelanjutan erat kaitannya dengan masyarakat desa dan adat. Terbukti, dalam draft Visi Misi Prabowo-Gibran, kata desa yang berarti kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri, disebut sebanyak 31 kali.

Prabowo-Gibran akan membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan. Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam program kerja Asta Cita 3, juga disebutkan revitalisasi dan memperkuat peran Koperasi Unit Desa (KUD), pasar rakyat, dan penguatan kelembagaan masyarakat yang bekerja di sektor pertanian, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan, UMKM, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

"Pembangunan berkelanjutan itu meliputi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sederhananya, pembangunan berkelanjutan yang baik itu ketika berhasil mensejahterakan rakyat. Itu sudah terbukti dari deretan prestasi yang dilakukan Mas Gibran di Solo," pungkas Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya