Debat Ketiga Digelar di Istora Senayan, Temanya Diperluas

Debat capres perdana di kantor KPU, 12 Desember 2023.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilih Umum (KPU) RI mengumumkan lokasi debat debat ketiga Pilpres 2024 akan diadakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat ketiga itu khusus melibatkan tiga capres yang akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, tepatnya Pukul 19.00 WIB. 

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

"Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2024 bertempat di Istora, tempatnya di Istora Senayan," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2024.

Mellaz juga menjelaskan, ada penambahan subtema dalam debat ketiga kali ini. Mulanya tema debat ketiga memiliki empat subtema, antara lain pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Trump Ogah Lakukan Debat Kedua Dengan Kamala Harris

"Temanya itu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri. Kemarin kan posisinya 4 tema. Nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri,” jelasnya.

Komisioner KPU RI August Mellaz.

Photo :
  • ANTARA/Firman
Usai Debat Panas, Trump-Harris Terlihat Jabat Tangan di Acara Peringatan 11/9

“Kemudian, hubungan internasional kami ekspan dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami ekspans dengan politik luar negeri," ujarnya.

Dia menuturkan untuk durasi debat nanti,tetap sama seperti debat sebelumnya yakni 120 menit yang terbagi dalam enam sesi.

Dua debat sebelumnya sudah digelar KPU pada 12 Desember 2023 dan 22 Desember 2023. Untuk debat perdana khusus untuk tiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Tiga capres itu debat adu argumen di kantor KPU.

Tema debat perdana capres ini terkait pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Lalu, debat kedua khusus untuk tiga cawapres di JCC, Senayan, pada Jumat, 22 Desember 2023. Tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Tema debat kedua ini terkait ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya