Jika Menang di 2024, Gibran Bakal Genjot Ekonomi Kreatif dan juga UMKM

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan visi-misinya dalam debat perdana Cawapres Jumat, 22 Desember 2023. Dalam pemaparannya, Gibran mengatakan bakal mewujudkan pemerataan pembangunan di Republik Indonesi.

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

Selain itu, Putra Sulung Presiden Jokowi ini juga mengatakan akan menggenjot ekonomi kreatif dan UMKM. Menurutnya UMKM berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi RI.

"Kita lanjutkan juga pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris. Kita genjot terus ekonomi kreatif dan juga UMKM, kita punya 64 juta UMKM yang menyumbangkan 61% untuk PDB kita,"kata Gibran Jumat malam.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran mengatakan, pemerataan pembangunan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Menurutnya saat ini, investasi yang ada di luar jawa jumlahnya sekitar 53 persen.

Sosok Faisal Basri di Mata Sri Mulyani: Jujur, Tegas dan Bekerja Sepenuh Hati

"Pemerataan pembangunan itu wajib, sekarang investasi yang ada di luar Jawa sudah ada 53%, pembangunan IKN yang berkelanjutan, ini akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru. Akan membuka akses dan juga konektivitas, sekaligus membuka lapangan kerja," ujar Gibran

Dia juga mengatakan, akan melanjutkan pembangunan. Menurutnya, IKN ini bukan hanya saja membangun bangunan pemerintahan. 

"Tapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia, dan juga sebagai simbol transformasi pembangunan di Indonesia," ujarnya

"Saya juga berkeyakinan suatu saat nanti Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia, dengan terus mengembangkan biodiesel, bio avtur dari sawit, bioetanol dari tebu, sekaligus kemandirian gula,"kata Gibran

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Capres dan Cawapres saat Debat Capres Pertama di KPU

Photo :
  • vstory

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Cawapres perdana ini, membahas mengenai ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya