Paparkan Visi-Misi di Debat Cawapres, Gibran Pastikan Bakal Lanjutkan Hilirisasi

Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Indonesia Arena, Senayan.
Sumber :
  • Gerindra Tv

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan visi-misinya dalam debat perdana Cawapres Jumat, 22 Desember 2023. Dalam pemaparannya, Gibran mengungkapkan, sejumlah langkah agar Indonesia keluar dari perangkap pendapatan menengah atau middle income trap.

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

"Indonesia ini negara besar, kita harus mampu keluar dari middle income Trap, kuncinya kita harus mampu menaikkan nilai tambah di dalam negeri, di tengah gempuran Resesi global, perang dagang, konflik geopolitik, rata-rata pertumbuhan ekonomi negara kita tetap di rata-rata 5%," Kata Gibran, di Jakarta Convention Center, Jumat malam.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

Gibran mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas harus didukung dengan penurunan angka pengangguran. Kemudian juga harus mampu menurunkan angka kemiskinan, penurunan angka gini rasio dan harus mengendalikan angka inflasi.

Gibran mengatakan, jika memenangkan pemilu di 2024, Dia menjamin akan melanjutkan sejumlah program Presiden Jokowi diantaranya hilirisasi.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

"Kita akan lanjutkan hilirisasi, bukan hanya hilirisasi tambang saja tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ujarnya

Selain itu, dirinya bersama Prabowo nantinya akan melanjutkan juga pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris. "Kita genjot terus ekonomi kreatif dan juga UMKM, kita punya 64 juta UMKM. yang menyumbangkan 61% untuk PDB kita," ujar Gibran

"Jika 4 langkah tadi bisa kita penuhi, insya Allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan," tambah Gibran
Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Cawapres perdana ini, membahas mengenai ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya