KPU Pakai Podium di Debat Cawapres, Timnas Amin: Jangan Sampai Ada Contekan di Meja

Anies-Cak Imin.
Sumber :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta – Wakil Bendahara Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin), Rajiv berhadap semoga dalam debat cawapres malam ini tidak ada contekan yang ada di balik podium yang disediakan KPU.

Kata KPU Sumbar soal Larangan Penarikan Calon Kepala Daerah oleh Parpol

“Ya mungkin siapa tahu ada yang pelupa bisa catet. Kalau nanti ada bahan contekan kita lihat, jangan sampai ada bahan contekan di meja,” ujar Rajiv kepada wartawan, Jumat 22 Desember 2023.

Rajiv menyebutkan, Cak Imin tetap optimis dalam debat cawapres di Pilpres 2024 malam ini. Pasalnya, itu tidak menjadi masalah dalam debat malam ini bagi Cak Imin.

KPU Sebut 41 Daerah Diisi Calon Tunggal pada Pilkada 2024, Ini Daftarnya

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/ Donny Aditra

Rajiv menilai bahwa lawan-lawan dari Cak Imin dalam debat kali ini memiliki kompetensi yang mumpuni. Namun pihaknya tetap optimis Cak Imin dapat mengatasinya. “Pak Mahfud cukup unggul, mas Gibran kan juga Wali Kota cukup unggul. Melihat rekam jejaknya (Cak Imin) ya optimis,” kata dia.

Berkas Pendaftaran Masinton Ditolak, PDIP Laporkan KPU Tapteng ke Polisi dan Bawaslu

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal menyediakan podium untuk masing-masing calon wakil presiden (cawapres) pada debat kedua yang digelar Jumat, 22 Desember 2023. Debat akan diselenggarakan di JCC, Senayan, Jakarta.

"Memang masing-masing tim pasangan calon mengusulkan supaya ada podium sederhana. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Selasa, 19 Desember 2023.

Hasyim menjelaskan, podium tersebut juga akan tetap disediakan pada sesi debat berikutnya. Hal tersebut merupakan hasil evaluasi bersama dari pelaksanaan debat perdana yang berlangsung pekan lalu.

"Jadi mulai debat kedua sampai terakhir masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana begitu," kata Hasyim. 

Selebihnya, Hasyim menegaskan tidak ada perbedaan sekema penyelenggaraan debat cawapres yang akan dilaksanakan dengan debat capres sebelumnya. "Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya