Gibran: Indonesia Akan Jadi Raja Energi Hijau Dunia

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka menjanjikan Indonesia akan meningkatkan perekonomian melalui pengembangan energi hijau atau ekonomi baru dan terbarukan.

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

"Indo akan menjadi raja energi hijau dunia: biodiesel, bietanol, bio-avtur, sekaligus kemandirian gula," kata Gibran dalam pemaparan visi dan misinya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat malam, 22 Desember 2023.

Sektor energi hijau itu, katanya, selain program hilirasi di berbagai sektor lain, akan menciptkan sedikitnya 19 juta lapangan pekerjaan. Ditambah lagi sekarang pembangunan tidak lagi hanya terpusat di Jawa, melainkan juga telah merata di luar Jawa.

Lawan Cawalkot yang Diendorse Gibran di Pilkada Solo Tambah Dukungan 4 Parpol

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran mencontohkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang akan menjadi pusat baru pertumbuhan ekonomi. "Pemerataan pembangunan wajib. Investiasi di luar Jawa 51 persen," katanya.

Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Daerah

Ringkasnya, Gibran menekankan, "narasi besarnya: keberlanjutan, percepatan, penyempurnaan".

KPU mengagendakan debat peserta capres dan cawapres Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 diselenggarakan sebanyak lima kali selama masa kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. Semuanya dilangsungkan di Jakarta.

Debat capres dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir dalam lima kesempatan debat itu. 

Tema debat pertama meliputi masalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya