Ade Armando Buka Suara Usai Diultimatum Kaesang untuk Keluar PSI

Ade Armando
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Kader Partai Solidaritas Indonesia, Ade Armando buka suara usai diultimatum oleh Ketua Umumnya, yaitu Kaesang Pangarep. Bukan tak beralasan, Kaesang mempersilahkan Ade Armando keluar dari partai bila tidak bisa mengikuti aturan konstitusi berkaitan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sempat Dikabarkan Menghilang, Penampakan Kaesang Pangarep Mau Rapat di DPP PSI

Ade Armando mengaku patuh terhadap Kaesang sebagai Ketua Umum PSI. Ia pun akan menerima segala keputusan dari Kaesang.

"Saya patuh pada Ketum PSI. Sebagai anggota, saya menerima apapun yang diputuskan Ketum," ujar Ade Armando kepada VIVA, Jumat 8 Desember 2023.

Dukung Anies jika Bikin Partai, Rocky Gerung: Selama Ini Berayun Aja Seolah 'Digantung'

Ade Armando saat nyatakan resmi bergabung ke PSI.

Photo :
  • Instagram Giring Ganesha @giring

Di sisi lain, Ade Armando mengaku belum melakukan komunikasi lebih lanjut dengan Kaesang usai dipersilahkan keluar dari PSI. "Belum (komunikasi dengan Kaesang)," katanya.

Usai Isu Gratifikasi Jet Pribadi Mencuat, KPK Ngaku Tak Tahu Keberadaan Kaesang

Sebelumnya, Politikus PSI Ade Armando menyampaikan kritik kepada para mahasiswa khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM), yang menggelar aksi protes terkait politik dinasti.

Ade Armando menyebut bahwa BEM UI dan BEM UGM ironi karena sesungguhnya Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempraktikkan politik dinasti. Hal itu disampaikan Ade Armando lewat akun X miliknya, @adearmando61.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mempersilakan kadernya, Ade Armando, untuk keluar dari PSI bila tidak bisa mengikuti aturan konstitusi berkaitan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami partai PSI taat pada aturan konstitusi, apalagi yang menyangkut Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Kaesang di Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 6 Desember 2023, menanggapi pernyataan Ade Armando soal politik dinasti DIY.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat memberikan keterangan pers berkaitan dengan pernyataan Ade Armando soal politik dinasti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Oleh karena itu, dia mempersilakan Ade Armando dan kader partai lainnya yang tidak bisa mengikuti UU atau Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 agar keluar dari partai. "Bang Ade atau kader lain yang tidak bisa taat, bisa keluar saja dari PSI," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Kaesang mengaku dirinya merupakan bagian dari Yogyakarta, yaitu menikah dengan seorang wanita asal Yogyakarta.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan partainya menangani secara serius pernyataan Ade Armando soal politik dinasti di DIY.

"Jadi, ini masalah yang buat kami perlu ditangani sangat serius. Oleh karenanya, proses di internal partai masih terus berlangsung," kata Grace di Bangkalan, Jawa Timur.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie memberikan keterangan pers usai mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersilaturahmi ke kediaman Hasyim Zubair di Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan, Jawa Timur, Rabu, 6 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Ade Armando, katanya, telah mendapatkan teguran keras dari Ketum PSI Kaesang Pangarep. Selain itu, Ade Armando sudah membuat video pernyataan permintaan maaf yang disampaikan melalui media sosialnya.

"Bang Ade menekankan bahwa pendapat yang dilontarkannya adalah opini pribadi, bukan opini PSI. Tidak ada koordinasi sama sekali dan kami pun kaget dengan pernyataan beliau," kata Grace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya