Strategi Cak Imin Bawa Perubahan untuk Anak Muda di Indonesia: Bikin Langkah Preventif

Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut anak muda dapat jadi simbol perubahan yang cepat untuk Indonesia maju.

Dosen Sindir Anggota DPRD Termuda Jateng, Fakta Siswi SMP Dibunuh hingga Duel Taruna Vs Perwira

Hal tersebut diungkap Cak Imin saat menghadiri Dialog Interaktif Cawapres di tvOne dengan tema ‘Mencuri Hati Kawula Muda’ pada Rabu, 6 Desember 2023 malam. 

"Kaum muda atau anak muda hari ini memiliki peluang besar, di mana besar harapan saya menjadi simbol perubahan yang cepat untuk Indonesia maju," kata Cak Imin. 

Sandiaga Akui Pernah Diskusi Bareng Anies Bahas Bikin Parpol Baru

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di kantor KPU.

Photo :
  • Dok. PKS

Ia mengatakan bersama Anies Baswedan memiliki tema anak muda, yaitu aman, nyaman bersama Amin. Dia mengatakan saat ini sudah ada 20 ribu korban kekerasan perempuan dan 15 ribu korban kekerasan anak.

Ikhtiar PDIP Gaet Suara Pendukung Loyal Anies untuk Pilgub Jakarta

"Maka yang pertama untuk kaum muda adalah kita ciptakan rasa aman, yang pertama harus ada tindakan keras dari aparat untuk menghentikan semua kekerasan terhadap perempuan dan anak," jelas Wakil Ketua DPR tersebut.

Cak imin melanjutkan, perubahan yang akan dilakukan salah satunya mendorong langkah preventif dalam hal mengantisipasi kekerasan di seluruh lembaga pendidikan, termasuk pesantren. 

"Kita harus bikin langkah-langkah preventif, supaya aman. Kita harus ciptakan di setiap lembaga pendidikan termasuk pesantren harus ada unit anti kekerasan dan pencegahan kekerasan terhadap anak," ujar Cak Imin.

Kemudian, Cak Imin mengatakan anak muda harus diberi kenyamanan dalam setiap pembelajaran aktif di Indonesia. Salah satunya yaitu berbicara soal biaya pendidikan. 

"Nyaman belajar ini sekarang biaya kuliah mahal, kos-kosan mahal. Kita harus ciptakan satu sistem pendidikan dengan menekan biaya-biaya pendidikan, misalnya pembebasan pajak," kata Cak Imin.

Selain itu, menurutnya juga mesti perbesar dan perluas penerima beasiswa. "Perbesar dan perluas beasiswa, terutama beasiswa yang menuju profesi dalam negeri maupun luar negeri," imbuhnya. 

Duet Anies-Muhaimin merupakan pasangan yang diusung Koalisi Perubahan dengan anggota parpol Nasdem, PKS, dan PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya