Absen di Uiversitas Muhammadiyah Surabaya, Gibran Diskusi dengan Santri Kiai Asep Mojokerto

Gibran Rakabuming Raka di Pesantren Amanatul Ummah di Mojokerto.
Sumber :
  • Nur Faishal/ VIVA.

Mojokerto – Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, absen di acara dialog publik yang diselenggakan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 24 November 2023. Hanya Prabowo Subianto yang hadir.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Ternyata, Gibran bersilaturrahim ke Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Kabupaten Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim. Di sana, putra dari Presiden Jokowi itu melaksanakan Salat Jumat. Dia juga berdiskusi dengan para santri asuhan Kiai Asep tersebut.

Kiai Asep sendiri adalah anggota Dewan Pembina Tim Kampanye Nasionl (TKN) Prabowo-Gibran. Di Pesantren Amanatul Ummah, Gibran didampingi oleh juru bicara TKN Prabowo-Gibran, Emil Elistianto Dardak. Terlihat pula Wabup Mojokerto Muhammad Al Barraa.

KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran soal Pemberantasan Korupsi

Prabowo dan Mendag Zulkifli Hasan

Photo :
  • dok. Istimewa

Gibran dan rombongan tiba di Pesantren Amanatul Ummah sekitar pukul 11.00 WIB. Ia disambut hangat oleh para santri yang menunggu dengan hangat. Tabuhan rebana kian menyemarakkan penyambutan Gibran.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Ia kemudian menemui Kiai Asep dan tak lama kemudian ke masjid melaksanakan Salat Jumat dan diskusi dengan santri sejenak. Dalam diskusi, Gibran mendorong santri agar mampu menjawab tantangan zaman.

Ia juga berpesan, para santri harus mengaji yang rajin dan patuh terhadap kiai. "Pokoknya ngaji yg sergep (rajin) dan nurut sama kiai," ujar Gibran.

Setelah Salat Jumat, Gibran kemudian menghadiri dialog kebangsaan yang digelar di Lapangan Pondok Pesantren Amanatul Ummah, yang dihadiri keluarga besar pesantren tersebut, sesepuh dan relawan. Dialog berlangsung sekitar 30 menit. Di dialog itu, Gibran kembali menyampaikan tentang dana abadi pesantren.

Usai dialog, Gibran kembali ke kediaman Kiai Asep. Dari lokasi dialog kebangsaan hingga ke lokasi ramah tamah, Kiai Asep menggandeng lengan Gibran dengan hangat. "Luar biasa bisa bersilahturahmi dengan  Kiai Asep dan keluarga," kata Gibran.

Bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Kiai Asep mengatakan, kedatangan Gibran kali ini untuk bersilaturrahim, karena keluarga besarnya mendukung pasangan Prabowo-Gibran. Kiai Asep menyatakan dukungan dia berikan karena program-pogram yang ditawarkan capres-cawapres nomor urut 02 itu selaras dengan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

Apalagi, lanjaut Kiai Asep, di dalam diri Gibran mengalir darah presiden Jokowi. Itulah yang mendasari dirinya memberikan dukungan. "Keluarga besar kita di Pilres yang akan datang akan mengusung, memilih, memenangkan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya