PDIP Usul Bikin Panja Netralitas Polri, Gerindra: Gak Masuk Akal, Logika Aneh

Ilustrasi simbol PDIP dalam Peringatan Bulan Bung Karno 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman menyebut usulan pembentukan panitia kerja (panja) netralitas Polri pada Pemilu 2024 tidak masuk akal. Dia menyindir dengan mempertanyakan cara berpikir yang aneh atas usulan tersebut. 

“Panja netralitas KPU, panja netralitas Bawaslu, panja netralitas Komnas HAM, nggak masuk akal. Karena tupoksi kerjanya itu kan tupoksi kerja komisi secara keseluruhan,” kata Habibiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 November 2023.

Pun, dia meyakini jika panja itu terealisasi maka hanya sebagian anggota komisi yang bergabung jadi panja. Menurut dia, kondisi itu justru mengkhawatirkan karena tak semua anggota komisi bisa memantau dan memastikan netralitas di Pemilu 2024.

Bripka Joko Jadi Penggali Kubur Secara Sukarela, Irjen Sandi Sampaikan Pesan Kapolri

“Soal netralitas itu kan sudah ada aturannya, baik di UU Polri, UU yang mengatur tentang intelijen, itu sudah ada, sudah jelas. Kalau ada fakta ketidaknetralan, jelas ya baru kita persoalkan, kita tanyakan lewat komisi,” jelas Habiburokhman. 

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman

Photo :
  • DPR RI
Soroti Oknum Pati Polri Suka Flexing, Haidar Alwi: Harusnya Mereka Malu sama Kapolri

Menurut dia, usulan pembentukan Panja tersebut berpotensi menimbulkan masalah baru. Maka itu, ia menegaskan, penolakan usulan Panja Netralitas Polri. 

“Kalau untuk membentuk Panja itu saya pikir logika yang aneh, dan saya pikir, coba deh cek di rekan-rekan komisi III yang lain ya. Setahu saya semangat untuk membentuk Panja itu sepertinya sudah semakin menurun, nggak ada,” tuturnya.

Isu netralitas aparat di Pemilu 2024 belakangan tengah mencuat. Komisi I DPR beberapa waktu lalu sudah sepakat membentuk Panja netralitas TNI. Panja tersebut dipimpin Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto.

Wacana serupa juga bergaung di Komisi III DPR yang diusulkan Fraksi PDIP dengan mendorong Panja Netralitas Polri. Anggota Komisi III Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan usul pembentukan Panja netralitas Polri. Dia tak menafikan usulan itu terinspirasi dari langkah Komisi I dengan Panja netralitas TNI.

Selain itu, ia menilai akhir-akhir ini netralitas Polri juga sering disorot. Trimedya meminta rekannya yaitu Ketua Komisi III Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul memimpin langsung panja tersebut. 

“Saya kira komisi III juga kami mengusulkan saudara ketua kita buat panja pengawasan netralitas Polri,” kata Trimedya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya