Survei Charta Politika: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon presiden (capresGanjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Hasilnya, Ganjar bersaing ketat dengan Prabowo, sementara Anies tertinggal jauh.

Soal Kabinet Pemerintahan Selanjutnya, Jokowi: 100 Persen Hak Prerogatif Presiden

"Mas Ganjar berada di angka 36,9 persen, Pak Prabowo di angka 35,3 persen. Bisa dikatakan cukup berimbang secara elektoral karena masih berada di bawah margin of error," kata Direktur Eksekusi Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparannya secara daring, Senin, 6 November 2023.

Sementara elektabilitas Anies, kata Yunarto, berada di angka 24,3 persen. Jumlah responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 3,5 persen.

Hasil Survei di Pilgub Jawa Timur Kalah Jauh dari Khofifah, Risma: Pokoknya Jalan Aja

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya memaparkan survei pilpres

Photo :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

Yunarto mengatakan, dari segi tren elektabilitas, memang terdapat persaingan ketat antara Ganjar dan Prabowo. Menurutnya, kekuatan pribadi secara elektoral Ganjar dan Prabowo berimbang. Anies, kata dia, memang mengalami peningkatan elektabilitas, namun angkanya tetap jauh dibandingkan Ganjar dan Prabowo.

Respon Istana Soal Survei Tingkat Kepuasan Publik 75 Persen untuk Pemerintahan Jokowi

Adapun survei dilakukan pada tanggal 26 hingga 31 Oktober 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. 

Jumlah sampel sebanyak 2.400 responden, yang tersebar di 38 provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± 2,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Cagub-cawagub Sulawesi Tengah, Ahmad Ali - Abdul Karim Aljufri

Sepuluh Program Unggulan Ahmad Ali – AKA di Sulteng Sejalan Dengan Program Prioritas Prabowo

Program prioritas yang segera dijalankan oleh cagub-cawagub di Pilkada Sulawesi Tengah, Ahmad Ali - Abdul Karim Aljufri atau AKA, sudah sejalan program prioritas Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024