Bos SPIN: Elektabilitas Tertinggi, Prabowo Diinginkan Warga Jabar jadi Presiden

Prabowo Subianto saat Rapimnas Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai bakal capres masih kuat di Jawa Barat atau Jabar. Dibandingkan dengan bakal capres rival, Prabowo masih unggul di Tanah Pasundan.

Dapat Nomor Urut 2, Pasangan Bebas-Siti Optimis Menangkan Pilkada Polman

Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyebut sebagian besar warga Jabar menginginkan Prabowo jadi Presiden RI selanjutnya menggantikan Jokowi. Dia mengatakan hal itu karena elektabilitas Prabowo tertinggi di Jabar berdasarkan hasil sejumlah survei.

"Artinya, masyarakat Jawa Barat sebenarnya menginginkan Prabowo itu menjadi presiden. Karena sejak dua kali pemilu (konsisten mendukung) dalam dekade terakhir ini," kata Igor, Kamis, 2 November 2023.

Mau Kampanye Keliling Jabar, Ronal Supardja Sungkeman hingga Minta Doa Orang Tua

Dia menganalisa, jelang Pilpres 2024, elektabilitas Prabowo juga masih konsisten dengan mendominasi wilayah Jabar. Ketua Umum Partai Gerindra itu punya elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan bakal capres lain yang jadi kontestasi di Pilpres 2024.

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA
Momen Prabowo Disambut Meriah dan Standing Applause saat Raker Bareng Komisi I DPR

Igor menyinggung dari hasil survei terbaru Polling Institute yang melaporkan duet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming dapat torehan elektabilitas tertinggi di wilayah Jabar. Igor menilai tingginya elektabilitas tersebut karena bentuk kecintaan warga Jabar terhadap eks Danjen Kopassus tersebut.

"Karena Prabowo itu tetap ada di hati masyarakat Jawa Barat," jelas Igor.

Merujuk hasil survei Polling Institute yang dilakukan dalam kurun waktu 25-28 Oktober 2023, duet Prabowo-Gibran unggul 47,3 persen di wilayah Jabar. Angka tersebut unggul signifikan atau hampir dua kali lipat dari perolehan pasangan rival yaitu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di Jabar yang meraup 23,7 persen.

Sementara, pasangan yang diusung koalisi PDI Perjuangan (PDIP) yakni Ganjar Pranowo–Mahfud MD memperoleh sebanyak 27,9 persen. Kemudian, berkat dominasi di wilayah Jabar, duet Prabowo – Gibran juga unggul secara nasional.

Dari data itu, Prabowo–Gibran terpotret meraup elektabilitas tertinggi secara nasional di angka 36,2 persen. Kemudian, Ganjar – Mahfud berada diurutan dua dengan elektabilitas 32,8 persen. Lalu, Anies–Muhaimin dengan angka 21,0 persen.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat. Lalu, ada deretan parpol non parlemen seperti PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya