Yusril dan Erick Thohir Bikin SKCK, Golkar Tunggu Kepulangan Jokowi soal Cawapres Prabowo

Lima Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju berkumpul di markas DPP Golkar.
Sumber :
  • Twitter Fahri Hamzah

Jakarta - Elite Partai Golkar santai menyikapi peta perpolitikan Tanah Air menjelang Pilpres 2024. Partai yang dinakhodai Airlangga Hartarto itu enggan berspekulasi nama final siapa bakal cawapres yang akan diputuskan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Nurul Arifin mengatakan partainya tidak mau tergesa-gesa. Mereka berdalih masih harus menjalani Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas hingga Sabtu pekan ini.

Selain itu, Golkar juga masih menunggu Presiden Jokowi kembali ke Tanah Air karena tengah melakukan kunjungan kerja di luar negeri. Hal itu disampaikan saat menanggapi kabar Erick Thohir dan Yusril Ihza Mahendra sudah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat keterangan tidak pernah dipidana untuk kepentingan pencapresan.

Kerahkan Wasit Liga 1 dan 2 untuk PON 2024, PSSI Unjuk Gigi Kemajuan Sepakbola Indonesia

"SKCK kan tidak lama bikinnya ya, kita tunggu saja. Kita kan tidak tahu arah berlabuhnya di mana. Makanya saya bilang saat ini masih sangat cair dan dinamis," kata Nurul dikutip pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Lima pentolan parpol Koalisi Indonesia Maju bertemu di markas DPP Golkar.

Photo :
  • Twitter Fahri Hamzah
Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Nurul pun meminta publik untuk bersabar. Dia menegaskan KIM akan menunggu Jokowi pulang ke Indonesia lebih dulu.

"Tunggu paling tidak Sabtu ini begitu ya, kita tahu Pak (Presiden) Jokowi masih di luar negeri, kita lihat saja nanti perkembangannya," ujarnya.

Diketahui, Partai Golkar sejauh ini tergabung dalam koalisi partai politik (parpol) pengusung Prabowo Subianto.

Selain Golkar, koalisi ini beranggotakan Partai Gerindra, PAN dan Partai Demokrat. Prabowo juga didukung partai nonparlemen seperti Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda serta partai anyar yang baru akan berkompetisi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara di kubu rival, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimain Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sudah mendaftar ke KPU. Begitupun paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud Md juga sudah daftar ke KPU RI hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya