Mahfud MD dan Khofifah Masuk Kantong Megawati sebagai Cawapres, Begini Respons Ganjar

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo buka suara soal Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD menjadi kandidat terkuat sebagai cawapresnya di Pilpres 2024. Bahkan, kabarnya dua nama itu sudah ada di kantong Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dukungan Mayoritas Warga NU Dinilai Tambah Kekuatan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Ganjar tak membantah jika dua nama tersebut menguat sebagai bakal cawapres yang akan mendampingi dirinya.

"Ya, semua isunya menguat karena kita mau bahas pangan," kata Ganjar jelang acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Pramono Anung Fokus Selesaikan Masalah di Masyarakat Bawah Seperti KJP dan KJS

Dikabarkan, nama Khofifah dan Mahfud MD jadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan dua nama tersebut sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri.

Isunya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Resmi Mundur dari Seskab, Pramono Anung Bakal Pamit Langsung ke Jokowi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

Sementara, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons soal Khofifah yang namanya diisukan menguat sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. 

Kata Hasto, figur bacawapres Ganjar hanya diketahui oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pun, ia menyebut penentuan cawapres sudah dikomunikasikan dengan pimpinan partai politik (parpol) lain pendukung Ganjar.

"Hanya Ibu Megawati yang mengetahui hal itu (cawapres Ganjar). Tetapi, dialog dengan para ketua umum sudah dilakukan," kata Hasto kepada wartawan, Kamis, 23 September 2023.

Hasto secara pribadi mengenal sosok Khofifah sebagai seseorang yang baik. Ia menyampaikan pihaknya juga sering bertemu dengan Khofifah untuk membahas beberapa hal. 

"Setiap kami ke Jawa Timur, kami kan sering bertemu dengan Ibu Khofifah, menanyakan tentang bagaimana hubungan antara seluruh elemen-elemen masyarakat di Jawa Timur, khususnya PDI Perjuangan," ujarnya.

Adapun Menko Polhukam Mahfud MD mengaku hingga Kamis kemarin belum dapat tawaran untuk jadi bakal cawapres dari PDIP untuk mendampingi Ganjar. 

"Belum, belum ditawari," kata Mahfud kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023. 

Meski demikian, ia menuturkan komunikasi dengan PDIP terus berjalan. Apalagi, Mahfud merupakan menteri koordinator yang turut membidangi politik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya