Punya Kedekatan dengan Akar Rumput Bantu Elektabilitas Prabowo Moncer Jelang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Jakarta - Bakal calon presiden atau bacapres Prabowo Subianto dinilai sebagai figur yang dekat dengan akar rumput. Salah satunya Ketua Umum Partai Gerindra itu dikenal kalangan petani

Dramatis! Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Pulau Padar Labuan Bajo

Merujuk Lembaga Survei Nasional (LSN) yang digelar dalan kurun waktu 14 – 24 Agustus 2023, Prabowo disebut sebagai bacapres yang mengantongi dukungan tertinggi dari para petani jelang Pilpres 2024. 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry menyampaikan alasan Prabowo yang pernah jabat sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) jadi alasan dikenal petani. Memimpin HKTI selama bertahun-tahun jadi faktor pendukung Prabowo. 

Ribuan Petani Kumpul di Semarang Minta Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Pun, dia menyebut selama ini partai yang dipimpin Prabowo yaitu Gerindra juga memposisikan sebagai partai yang peduli dengan pertanian. 

"Begitu juga dengan Pak Prabowo yang selama ini menjabat sebagai Ketua HKTI yang akhirnya diasosiasikan sebagai tokoh yang dekat dengan para petani,” kata Gema, saat dihubungi, Senin, 4 September 2023.

Sukses Operasi Cidera Kaki, Prabowo: Terima Kasih Presiden Jokowi

Gema menyampaikan merujuk hasil survei LSN, Prabowo berhasil mengantongi dukungan dari para petani dan nelayan sebesar 48,9 persen. Sementara, bakal capres PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo meraup 30,4 persen.

Dia menuturkan, bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan juga meraih suara sebesar 16,5 persen. 

Gema menyebut dalam survei pihaknya kali ini, 48,9 persen responden berlatar belakang petani dan nelayan mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini. 

"Kemudian 30,4 persen menyatakan memilih Ganjar Pranowo dan 16,5 persen mendukung Anies Baswedan,” tutur Gema.

Bacapres sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra di Sentul.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Gema menganalisa Prabowo punya kedekatan dengan kalangan akar rumput yang sudah terjalin sejak lama. Prabowo juga terus menyuarakan betapa pentingnya kedaulatan pangan bagi rakyat Indonesia. 

Selain itu, figur Menteri Pertahanan itu juga mendorong terbentuknya dana desa yang tengah berjalan. Eks Danjen Kopassus itu juga diketahui sudah merumuskan lima program ekonomi untuk rakyat Indonesia. 

Lima program itu di antaranya program kesehatan, pendidikan, perumahan, sembako dan pinjaman untuk usaha. Maka itu, menurutnya peran Prabowo untuk petani di Tanah Air tidak bisa dipisahkan. 

“Peran Prabowo Subianto sebagai Ketua HKTI selama bertahun-tahun dan kepeduliannya sejak lama terhadap dunia pertanian, nampaknya sulit terhapus dari memori kaum tani dan nelayan," jelas Gema. 

Dia mengatakan demikian karena setiap LSN melakukan survei nasional lalu menanyakan kepada responden petani. "Siapa capres pilihannya, Prabowo selalu menjadi top of mind,” tutur Gema. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya