Anggota DPR Keluhkan Kewajiban Pengisian Formulir untuk Akses Layanan Kesehatan VVIP

Gedung MPR, DPR dan DPD. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • vivanews/Andry

Jakarta – Para pengguna Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) dikabarkan masih banyak menemukan kendala saat mengakses layanan kesehatan VVIP di sejumlah rumah sakit.

Kasus Pemerasan WNA di DWP oleh Oknum Polisi Jadi Sorotan Komisi III DPR

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan kendala ini mestinya sudah tak ada lagi begitu para anggota DPR RI sebagai pengguna mengeluarkan kartu Jamkestama.

Para anggota DPR, kata Agung, mengeluhkan layanan RS yang selalu meminta pengisian formulir saat masuk dan keluar RS. Padahal, dalam kartu Jamkestama itu sudah memuat data pengguna dan keluarganya.

Komisi III DPR Terima 469 Aduan Masyarakat Sepanjang 2024, Ini Lembaga yang Paling Banyak Diadukan

Ilustrasi Sidang Paripurna DPR

Photo :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

"Ini sangat penting, karena kami tidak perlu mengisi form. Di dalam kartu itu sudah berisi data kami dan keluarga. Dengan menunjukkan kartu sudah cukup, tidak perlu lagi menunggu," kata Agung dalam keterangannya diterima awak media, Kamis, 10 Agustus 2023.

Komisi III DPR Ungkap Fakta Polri Institusi Paling Responsif Tanggapi Aduan Masyarakat

Kendala lainnya, kata politikus Partai Demokrat itu, dokter sering memberikan resep obat herbal dan vitamin yang tidak masuk klaim Jamkestama. Menurut Agung, ini sangat mengganggu layanan VVIP bagi para anggota DPR.

Agung lebih jauh mengatakan, seharusnya obat-obatan herbal dan vitamin yang tidak masuk klaim Jamkestama tidak boleh lagi diresepkan. Sebab akan memperlambat layanan klaim Jamkestama.

Ilustrasi rumah sakit.

Photo :
  • Healthcare IT News

PT Jasindo adalah penyedia layanan Jamkestama bagi para anggota DPR RI. Jasindo juga diminta bekerja cepat, membayar semua kebutuhan layanan Jamkestama di semua RS yang bekerja sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya