Elektabilitas Moncer, Prabowo Perlahan Mampu Menarik Dukungan Pemilih Jokowi

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut sebagai bakal calon presiden (bacapres) yang paling direstui Presiden Jokowi. Modal Prabowo mengantongi elektabilitas tinggi jadi buktinya.

Kaesang Sebut PKS Bohong soal Jokowi Sodorkan Namanya di Pilgub Jakarta

Demikian disampaikan peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro. Dia mengatakan Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi dari hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Dia menambahkan sering kali figur Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu juga kerap bersama Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi hampir selalu mengajak Prabowo terjun langsung ke masyarakat.

Elektabilitas Melejit Versi Survei, Faida Diinginkan Rakyat Jember Maju Lagi di Pilkada 2024

Bawono mengatakan, dengan melihat faktor tersebut, Prabowo dicap sebagai bakal capres yang yang punya komitmen meneruskan program kerja Jokowi. Ia mengatakan seperti itu karena meruju penilaian dari para pemilih Presiden Jokowi.

“Di mata pemilih Presiden Jokowi di dalam dua pemilu terdahulu, Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon presiden paling direstui oleh Presiden,” kata Bawono.

Mantan Ajudan Prabowo Disiapkan Gerindra jadi Bakal Calon Wagub Aceh

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Pun, dia menambahkan elektabilitas Danjen Kopassus itu, masih menunjukkan tren positif. Sebelumnya, Prabowo sempat tersalip oleh baka capres Ganjar Pranowo. Namun, saat ini, elektabilitas eks Danjen Kopassus itu kian kokoh di peringkat pertama.

Bawono menyebut dari temuan hasil survei tatap muka Indikator periode 20-24 Juni 2023, elektabilitas Prabowo mencapai 36,8 persen di simulasi tiga nama. Namun, jika dibandingkan survei tatap muka periode 11-18 April, temuan survei Indikator melaporkan elektabilitas Prabowo saat itu masih di kisaran 31 persen.

“Jadi ada lonjakan dari tingkat elektabilitas cukup signifikan dialami oleh Prabowo Subianto,” ujar Bawono.

Lebih lanjut, dia menganalisa melesatnya elektabilitas Prabowo itu karena mampu menarik dukungan dari basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Ia bilang, hasil survei Indikator menunjukkan dukungan basis Jokowi-Ma’ruf Amin ke Prabowo meningkat dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

“Salah satu sebab dari lonjakan tingkat elektabilitas itu tak dapat dimungkiri dikarenakan Prabowo Subianto perlahan-lahan semakin mampu menarik dukungan dari pemilih Joko Widodo di Pemilu lalu,” tuturnya

Bawono mengatakan dengan peningkatan dukungan dari basis Jokowi terhadap Prabowo itu juga lantaran ada endorsement yang kuat dari Jokowi. Menurutnya, Prabowo sudah membuktikan kinerja serta dedikasi selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Maka itu, menurutnya tak mengherankan secara perlahan-lahan jika Prabowo mulai berhasil menuai dukungan dari sebagian pemilih Jokowi pada dua pemilu terdahulu.

“Prabowo mulai berhasil menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Jokowi pada dua pemilu terdahulu sebagaimana terkonfirmasi di temuan survei Indikator Politik Indonesia,” tuturnya

Adapun dalam temuan terbaru survei Indikator Politik Indonesia, Prabowo ungguli bacapres lain yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Dalam simulasi tiga nama, Prabowo di urutan teratas dengan elektabilitas 36,8 persen.

Lalu, posisi kedua ditempati Ganjar dengan dukungan 35,7 persen. Kemudian, Anies hanya mampu meraup suara sebesar 21,5 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya