Anies: Demokrat Silaturahmi dengan Parpol Lain Tapi Pilihan Tak Berubah

Bakal Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Yogyakarta – Partai Demokrat yang saat ini telah bergabung ke Koalisi Perubahan bersama PKS dan NasDem, belakangan ini kerap digoda agar berpindah ke koalisi lain.

Tak Ada Pemenang, Pilpres Iran Bakal Dilanjutkan ke Putaran Kedua

Godaan ini muncul baik dari Gerindra maupun PDI Perjuangan. Dengan Gerindra, beberapa waktu lalu, sejumlah pejabat elit Demokrat baru saja bertemu dengan pejabat elit Gerindra.

Sedangkan dengan PDI Perjuangan, godaan muncul dari masuknya nama Ketua Umum Demokrat yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam radar nama cawapres Ganjar Pranowo.

Di Rakernas III ADKASI, Wamendagri Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024

Mengenai hal ini, Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan pun angkat bicara. Anies memastikan jika hingga saat ini Koalisi Perubahan masih dalam kondisi solid.

Mengenai kabar peluang Partai Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan, Anies juga menilai saat ini kondisi koalisi masih aman. "Koalisi solid. Alhamdulillah. Enggak (pecah), masih solid kok. Aman," ujar Anies di Yogyakarta, Senin 24 Juli 2023.

Zulhas Ungkap Dapat Ilmu Rahasia Elektoral dari Jokowi

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketum Demokrat AHY.

Photo :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

"Teman-teman di Demokrat memang terus berkomunikasi dengan partai lain. Namun pilihan sikap (Partai Demokrat) tidak berubah," imbuh Anies.

Anies mengapresiasi para petinggi partai politik yang tetap bersilaturahmi meski memiliki perbedaan pandangan dan pilihan. Anies menerangkan pertemuan dan silaturahmi politik meski berbeda pilihan adalah hal yang wajar.

"Inilah demokrasi yang dewasa. Pilihan boleh berbeda tapi silaturahmi jalan terus. Kita selama ini, kalau pilihan politik berbeda terus tak tampil di depan publik bersama. Sehingga ketika bisa tampil di depan publik (bersama) itu seperti sesuatu yang aneh," pungkas Anies.

AHY Masuk Radar Cawapres PDIP

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan, nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo sudah mengerucut menjadi lima nama. Kini, sedang digodok oleh partainya.  

Kelima nama tersebut yakni Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.  
Hal ini disampaikan Puan usai menghadiri peringatan Harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Solo pada Minggu, 23 Juli 2023.

"Ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut 5, salah satunya Cak Imin. Pak Sandiaga, Pak Erick Thohir, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin," kata dia.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya