Partai Demokrat dan Gerindra Bakal Kembali Bertemu, Penjajakan Koalisi?

Sekjen DPP Demokrat Teuku Riefky usai bertemu dengan elite Gerindra.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta – Pertemuan antara Partai Gerindra dengan Partai Demokrat, tidak berhenti pada pertemuan hari ini saja. Tetapi ke depannya, kedua partai akan terus bertemu. Pertemuan yang intens ke depannya ini di tengah-tengah masih cairnya penjajakan masing-masing partai dan koalisi menuju Pemilu 2024.

Prabowo Targetkan Ekonomi Tumbuh 8 Persen, Anindya Bakrie Tegaskan Kadin Siap Bantu

Kamis ini, 20 Juli 2023, Partai Gerindra mendatangi Partai Demokrat dalam rangka silaturahmi kebangsaan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat,Teuku Riefky Harsya memastikan, pertemuan antara Demokrat dengan Gerindra bakal terus digelar ke depan.

"Tentu pertemuan-pertemuan ini juga antara Demokrat dan Gerindra akan terjadi lagi ke depan," ujar Riefky dalam konferensi persnya di DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juli 2023.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Pengurus DPP Partai Gerindra mendatangi Kantor DPP Partai Demokrat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Kendati demikian, Riefky belum bisa memastikan kapan waktu pasti pertemuan lanjutan kedua partai politik tersebut. Ia mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dasco Bilang Jatah Menteri dari Gerindra Sedikit, Sudah Ada Nama-namanya

"Ya waktunya nanti akan dicocokkan, tetapi kami mengucapkan terima kasih dan salam untuk Pak Prabowo dari Pak SBY dan juga Mas AHY," katanya.

Riefky memastikan Partai Demokrat tetap akan berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), meski Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak diusung sebagai cawapres dari Anies Baswedan.

Riefki menegaskan, sesuai dengan piagam yang disepakati, cawapres KPP diserahkan kepada Anies. Demokrat juga tetap akan konsisten dengan KPP, siapa pun cawapres yang dipilih nanti untuk mendampingi Anies sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

"Pertanyaan mengenai cawapres, kembali bahwa kami sudah menandatangani piagam yang menyerahkan soal cawapres kepada capres dan kabarnya sudah diputuskan, tinggal diumumkan," pungkasnya.

Dipimpin Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani, rombongan elit Partai Gerindra menyambangi Partai Demokrat, pada Kamis, 20 Juli 2023. Pertemuan antara kedua partai politik itu terjadi di tengah-tengah cairnya koalisi di Pemilu 2024 saat ini.

Partai Gerindra sudah resmi berkoalisi dengan PKB, dan membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR, dan Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Sementara Partai Demokrat, berkoalisi dengan PKS dan Nasdem dalam Koalisi Perubahan dan mengusung Anies baswedan sebagai capres.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, rombongan elite Partai Gerindra yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ahmad Muzani tiba pada pukul 13.55 WIB. Selain Muzani, terlihat elite Partai Gerindra yakni Waketum Sugiono dan Prasetyo Hadi, serta Anggota Dewan Pembina Andre Rosiade. Mereka datang menggunakan mobil berwarna silver.

Kedatangan Ahmad Muzani dan kawan-kawan disambut oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan beserta jajaran elite Demokrat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya