Mardiono Bantah Reshuffle Wamen Agama Gegara Anak Zainut Tauhid Gabung Perindo

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Jakarta –  Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono membantah soal isu reshuffle Wakil Menteri Agama yang sebelumnya diduduki oleh Zainut Tauhid Sa'adi karena persoalan sang anak gabung Partai Perindo.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Diketahui, Najmi Mumtaza Rabbany anak dari Zainut Tauhid Sa'adi resmi dilantik menjadi kader Partai Perindo pada Jumat, 28 April 2023 lalu. Najmi dilantik langsung oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di DPP Perindo. Zainut Tauhid juga hadir dalam acara pelantikan anaknya tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Zainut mengatakan kewenangan reshuffle menteri dan wakil menteri itu merupakan hak prerogratif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Sandiaga Uno dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

"Gak ada, kita gak ada. Tentu pak presiden sebagai yang memiliki hak prerogratif ya, tentu mengambil keputusan ya, melalui penelahaan yang luas dan tidak semata-mata dari partai ya," kata Mardiono kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin, 17 Juli 2023.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Presiden Jokowi, kata Mardiono, memili perangkat untuk menentukan siapa yang akan masuk ke dalam menteri kabinetnya. Baik masyarakat biasa, maupun kader partai.

"Pak presiden memiliki perangkat ya, untuk menentukan siapa apakah itu warga masyarakat, kader partai dll. Yang pas untuk menempati pada jabatan itu, jadi tentu pak presiden sudah memiliki perangkat untuk itu semua," katanya.

Sebagai informasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ditunjuknya Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat menjadi Wakil Menteri Agama untuk menggantikan Zainut Tauhid karena pertimbangan dari partai.

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono bertemu dengan Bupati Situbondo

Photo :
  • Istimewa

“Itu ada permintaan dari partai,” kata Presiden Jokowi setelah Pelantikan Menteri, Wakil Menteri, dan Anggota Wantimpres Sisa Masa Jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Zainut Tauhid dan Saiful Rahmat merupakan figur yang sama-sama berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Saiful Rahmat turut dilantik Presiden sebagai wakil menteri (wamen) bersama empat wamen lainnya di Istana Negara pada Senin ini.

Selain melantik Saiful Rahmat sebagai Wamenag, Presiden Jokowi juga melantik empat wamen baru yakni Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Nizar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dan Roeslan Roesani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya