Ketum AMPI Jerry Sambuaga Tegaskan Menolak Munaslub Golkar, Tetap Dukung Airlangga

Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Jerry Sambuaga, selaku Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), menegaskan pihaknya menolka isu yang belakangan berkembang terkait Munaslub Partai Golkar. Tegasnya, cara itu tidak dibenarkan dan menyalahi konstitusi.

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

"Yang mewacanakan Munaslub itu tidak benar dan tidak konstitusional," kata Jerry dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis 13 Juli 2023.

Menurut Jerry, saat ini kepemimpinan di Partai Golkar yang dikomandani oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto, terkonsolidasi dengan baik. Apalagi saat ini jelang Pemilu 2024, yang diyakininya bisa memberi kemenangan bagi Golkar.

Anggota DPRD Jambi periode 2024-2029 Dilantik Pekan Depan, PAN-Golkar Dominasi Parlemen

Dari AMPI, tegas Wakil Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu, jajaran organisasi yang dipimpinnya hingga ke tingkat daerah, solid mendukung Airlangga.

"DPD AMPI Provinsi seluruh Indonesia solid dan siap memperkuat dukungan kepada Ketum Airlangga," tegas Jerry.

Faisal Basri Meninggal Dunia, Airlangga: Sosok Intelektual yang Idealis-Kritis, Sahabat Diskusi

Tidak hanya mendukung kepemimpinan Airlangga di Partai Golkar. AMPI, jelas Jerry, juga optimis dengan pencapresan dari Partai Golkar di Pilpres 2024 mendatang.

Kata Jerry, konsolidasi politik yang saat ini dilakukan sudah menunjukkan hasil yang positif. Jelas dia, dukungan ke Airlangga saat ini adalah fokus partai. Sebab prestasi dan raihan positif berhasil ditorehkan Airlangga, yang juga Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

"Golkar di Era kepemimpinan beliau, baik pilkada maupun pemilu, selalu meraih hasil yang signifikan. Oleh karena itu kita yakin dan percaya serta dukung penuh segala upaya yang saat ini beliau sedang jalankan dalam menyambut pemilu, pilpres dan pilkada 2024," kata Jerry.

AMPI, lanjut Jerry, akan selalu tegak lurus kepada Airlangga Hartarto. “AMPI siap mengawal dan mengamankan kepemimpinan Ketum Airlangga. Kami akan selalu setia, konsisten, dan tegak lurus kepada Ketum Airlangga Hartarto," katanya.

Sedangkan Sekjen DPP AMPI, Ahmad Andi Bahri, meminta agar terkait dengan isu atau kabar Munaslub Golkar ini, tidak dihembuskan terus oleh internal. Dia meminta agar dihentikan.

"Saya minta oknum-oknum menghentikan isu terkait munaslub. Ini bisa merusak konsolidasi yang sudah terbangun 4 tahun lamanya untuk menghadapi pemilu, karena jika memang ada oknum-oknum itu, maka patut diduga ingin merusak kemenangan yang sedang dibangun oleh kade-kader terbaik Golkar di seluruh tingkatan," ujarnya.

Sikap Airlangga

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa tidak akan ada Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub di Partai Golkar. Hal itu dikatakan oleh Airlangga merespon munculnya kabar bahwa akan ada Munaslub di internal Partai Golkar.

"Tidak ada, Tidak akan ada (Munaslub Partai Golkar)," kata Airlangga kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 13 Juli 2023.

Airlangga mengatakan, apabila ada pihak-pihak yang ingin mencalonkan diri sebagai pimpinan partai Golkar, maka ada mekanismenya sendiri. Yaitu sosok yang ingin menjadi Ketua Umum Golkar harus menunggu Musyawarah Nasional (Munas) pada 2024 mendatang. 

“Munas 2024, silakan kalau berminat jadi Ketua Umum Golkar ke 2024,” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, mengenai sikap politik Partai Golkar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, itu sudah diputuskan lewat rapat kerja nasional (rakernas) Golkar pada Juni 2023. Sehingga menurutnya itu sudah selesai dan tak perlu diperdebatkan lagi. 

"Kita sudah rakernas dan itu selesai, mekanismenya selesai," kata Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya