Anies Singgung Otot Politik soal Pembangunan IKN: Apa Ada Masalah Ya?

Bakal Capres Anies Baswedan di Rakernas APEKSI di Makassar 2023
Sumber :
  • Kominfo Makassar

Makassar – Bakal calon presiden Anies Baswedan mengaku heran sering ditanya soal keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan bila takdirnya terpilih sebagai Presiden RI berikutnya. 

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Termasuk saat diminta menyampaikan presentasi di dalam diskusi panel Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Makassar, Kamis, 13 Juli 2023.

Anies yang berbicara di depan para wali kota se-Indonesia itu kemudian mengilustrasikan sebuah program kebijakan yang direncanakan dengan baik dan memiliki dasar yang kuat, maka program itu tidak membutuhkan otot politik untuk bisa dilaksanakan.

Dosen Sindir Anggota DPRD Termuda Jateng, Fakta Siswi SMP Dibunuh hingga Duel Taruna Vs Perwira

"Sesuatu yang punya dasar kuat, dan baik dirasakan masyarakat dengan sendirinya akan menggelinding," kata Anies

"Tapi kalau dia tak punya dasar kuat, kemudian tidak jelas yang dapat manfaat siapa, maka wali kota harus kerja keras pakai otot politik untuk membuat program berjalan yang diinginkan berjalan, betul tidak?" kata dia. 

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Spanduk IKN harga mati di Rakornas Apdesi di Balikpapan, Kalimantan Timur

Photo :
  • Ist

Anies memastikan bila suatu program atau kebijakan direncanakan dengan baik pasti akan jalan terus. "Tapi bila ini ada masalah, saya kadang-kadang heran, kenapa sering ditanyakan ya? Apa ada masalah ya sebetulnya gitu?" ujar Anies
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu heran karena lebih sering ditanya sikapnya terhadap IKN ketimbang soal pangan murah hingga subsidi BBM.

"Itu kok enggak pernah ditanyakan, tapi kok IKN selalu ditanyakan ya? Apa dalam alam bawah sadar kita ada pertanyaan ya sesungguhnya," kata dia.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak menjawab secara gamblang terkait nasib IKN jika ia menjadi presiden. "Cukup sampai situ jawaban saya," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya