Ketua DPP Golkar Ungkap Airlangga dan Prabowo Intens Bertemu

Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto makin intensif berkomunikasi menjelang pemilu 2024, kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily.

Menggantung Harapan dari Ekonomi Digital

Pertemuan Airlangga dan Prabowo biasanya secara informal mengingat kedua elite parpol itu adalah sesama anggota Kabinet Indonesia Maju. 

“Kalau pertemuan secara informal kan Pak Ketua Umum Pak Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian tentu sering bertemu dengan Pak Prabowo, ya, sebagai sesama anggota kabinet,” kata Ace kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 11 Juli 2023.

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Twitter Airlangga Hartarto @airlangga_hrt

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburrokhman menyambut baik jika Partai Golkar merapat dan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibentuk oleh Gerindra dan PKB untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres.

Bertemu Presiden Laos, Prabowo Kenalkan Diri sebagai Calon Presiden Terpilih RI

Habiburrokhman mengatakan, jika Golkar bergabung dan mengusulkan Airlangga Hartarto sebagai bakal cawapres, maka akan diteruskan kepada Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Sesuai dengan jadwal KPU RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertemu dengan Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya