Hasto Klaim Hubungan PDIP-Demokrat Terus Mencair Usai AHY dan Puan Bertemu

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketum Demokrat AHY.
Sumber :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengklaim hubungan dengan Demokrat terus mencair. Kondisi makin cair ini buntut dari pertemuan antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),beberapa waktu lalu.

Utut Adianto Jadi Ketua Komisi I DPR, Budi Djiwandono-Ahmad Heryawan Jadi Wakil

"Terus dilanjut pertemuan, artinya kita menjadi cair sekali," kata Hasto kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2023.

Hasto menyebut cairnya hubungan antara PDIP dengan Partai Demokrat juga terjadi di tingkat fraksi di DPR RI. Ia juga mengklaim partainya dengan Demokrat masih saling berkirim kabar sampai saat ini.

Ini Daftar Ketua dan Wakil Ketua di 13 Komisi DPR, Ada Titiek Soeharto

"Kita saling berkirim kabar dan kemudian di fraksi juga laporan dari setiap komisi, pimpinan poksi itu ternyata dengan pertemuan antara Mba Puan dan Mas AHY tersebut sekarang di tingkat komisi juga cair. Sehingga enak untuk terus mendialogkan," tuturnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani Bertemu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Menko AHY Bakal Tempati Kantor Bekas Luhut Binsar Pandjaitan di Jalan MH Thamrin

Menurut dia, yang terjadi antara PDIP dengan Partai Demokrat ini sudah semakin ke arah positif. Ia bilang kondisi itu tentunya memudahkan kedua partai dalam menentukan langkah politik ke depan.

"Ini merupakan energi yang positif, jdi langkah-langkah ke depan," tegas Hasto.

Pertemuan AHY dengan Puan beberapa waktu lalu jadi sorotan. Menurut AHY, politik rekonsiliasi sangat dibutuhkan dan dinantikan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan AHY usai bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan kader partainya di kawasan Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Minggu, 18 Juni 2023. 

"Untuk bangsa dan negara, politik rekonsiliasi semacam ini sangat dibutuhkan dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia," kata AHY kepada wartawan. 

AHY megatakan Demokrat dan PDIP merupakan dua partai yang memiliki pengalaman yang bagus di dunia politik, baik sebagai partai penguasa maupun partai oposisi.

Maka itu, ia ingin pertemuan dengan Puan Maharani dapat membuka ruang dialog lebih luas. Terutama dalam membicarakan isu-isu kebangsaan dan rakyat serta mencari solusi bersama dalam mengatasi masalah yang ada di Indonesia.

“Silaturahmi tadi tentu tidak hanya membicarakan politik praktis, politik Pemilu 2024, tetapi banyak lagi isu kebangsaan, isu negara, isu rakyat yang bisa kita rajut bersama,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Puan berharap ini bukan pertemuan terakhir dengan AHY maupun jajaran kader Partai Demokrat. Ia ingin, ada kesepakatan dan kesamaan yang dihasilkan untuk Indonesia ke depannya.

"Jadi ini mungkin pertemuan yang pertama tapi Insyaallah bukan pertemuan yang terakhir. Dan untuk bisa mencapai kesamaan itu ya tentu kita perlu waktu untuk kemudian sering-sering ketemu supaya bisa ngobrol-ngobrol hal yang memang diinginkan," ungkap Puan.

Lebih lanjut, Puan menekankan pihaknya bersama AHY dan jajaran kader Demokrat berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan gembira. Kata dia, pesta demokrasi harus menjadi pestanya seluruh rakyat Indonesia.

"Kami berharap bahwa pemilu ke depan ini adalah pemilu damai, pemilu yang gembira pemilu yang bisa membuktikan bahwa pesta demokrasi rakyat itu adalah pestanya seluruh rakyat Indonesia," tandas Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya