Bela Anies, Jubir PKS Kritik Pemerintah: Jangan Bawa JIS ke Personal dan Bernuansa Politis

Anies Baswedan mengundang Grup Band Nidji menjajal sound system Stadion JIS
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

Jakarta - Polemik Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang diproyeksikan sebagai venue Piala Dunia U-17 terus mencuat. Pemerintah ingin renovasi JIS yang dibangun Anies Baswedan saat jabat Gubernur DKI karena dianggap tak sesuai standar.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Jubir DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal mengkritisi cara pemerintah terutama Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Dia menyiroti Erick yang terkesan memfestivalisasi serta menyudutkan Anies dengan kelemahan JIS.

"Terkesan menyudutkan Anies dan kelemahan-kelemahan JIS di festivalisasi oleh Ketua Umum PSSI Erik Thohir yang juga salah satu kandidat bursa calon Presiden," kata Iqbal, dalam keterangannya, Kamis, 6 Juli 2023.

Konsolidasi Pilkada Jabar 2024, Syaikhu Ingatkan 3 Pilar ke Kader PKS untuk Amankan Kemenangan

Dia pun heran saat pemerintah bersama Erick mengundang pihak ahli tapi yang tak paham dengan perencanaan JIS. Iqbal merasa bingung jika JIS dinilai tak sesuai standar.

Baca Juga: PUPR Bakal Habiskan Rp 6 M untuk Ganti Rumput JIS Agar Sesuai Standar FIFA

Pelamar CPNS 2024 Capai 3,2 Juta, Ini 10 Instansi Paling Diminati

Padahal, yang ia tahu, ada pujian dari sejumlah pemain sepakbola luar negeri. Begitupun konsultan yang merancang juga dari luar negeri dan sudah berpengalaman.

Pun, menurutnya, cara meninjau JIS dengan mengumbar 'kelemahannya' tidak etis. Dia berpendapat mestinya organisasi sepakbola dunia atau FIFA yang menentukan layak atau tidak stadion akan digunakan.

"Bila ingin mengubah dan merenovasi bagus dilakukan. Namun menfestivalisasi kelemahan sebuah karya orang adalah sesuatu yang tidak etis," tutur Iqbal.

Bagi dia, JIS merupakan kebanggaan warga Jakarta. Kata Iqbal, JIS juga sebagai karya Anies Baswedan saat jabat Gubernur DKI yang layak di apresiasi.

"Belum ada gubernur yang bisa membangun stadiun sebagus JIS. Sebaiknya berhenti mempolemikan JIS," ujarnya.

Jubir PKS Muhammad Iqbal.

Photo :
  • Dok. M Iqbal

Lebih lanjut, dia mengkritisi pemerintah dan Erick jika memang tak suka JIS sebaiknya pakai stadion lain.

"Kompetisi bisa dilakukan di stadion lain. Namun, jangan menyudutkan dan membawa JIS ke masalah personal yang bernuansa politis. Beberapa event sudah berlangsung di JIS dan berjalan dengan lancar," ujarnya.

Dia mengingatkan agar pemerintah saat ini jangan terus melempar polemik JIS. Sebab, hal itu, malah membuat opini yang bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat

"Keengganan menggunakan JIS seolah-olah gengsi mengakui kehebatan karya Gubernur Anies. Demi kemajuan sepak bola Indonesia, sebaiknya JIS digunakan untuk kompetisi Piala Dunia U-17," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya