Dukung Anies Jadi Capres 2024, Ratusan Petani di Jateng Keluhkan Pemerintahan Jokowi

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.
Sumber :
  • Partai Nasdem

Jakarta – Ratusan Petani di Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Deklarasi tersebut berlangsung di Warung Joglo Banteran, Desa Banteran, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 20 Juni 2023.

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Deklarasi ratusan petani itu difasilitasi simpul relawan Anies, Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar AMAN). Melalui Laskar AMAN, para pejuang pangan di Jawa Tengah itu berharap besar agar Anies bisa terpilih jadi RI-1.

Ketua Umum Laskar AMAN Ervan Tou mengatakan pihaknya diminta mewadahi kegiatan ini. Harapannya, bisa dengan mudah disampaikan kepada bakal capres yang didukung NasDem, PKS dan Demokrat tersebut.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

"Aspirasi mereka tentu sangat layak mengingat ada banyak persoalan yang dialami petani di Jateng. Dengan harapan ketika Pak Anies Baswedan menjadi Presiden Republik Indonesia aspirasi ini bisa ditindaklanjuti," kata Ervan.

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Dosen Sindir Anggota DPRD Termuda Jateng, Fakta Siswi SMP Dibunuh hingga Duel Taruna Vs Perwira

Sementara, Ketua Laskar AMAN Jawa Tengah Slamet Sudarso mengatakan, suara petani di Jawa Tengah sangat penting. Menurut dia, hal itu mengingat kebutuhan mereka di daerah sangat banyak.

Dia menjelaskan banyak keluhan petani di Jawa Tengah yang selama ini belum diperhatikan secara maksimal oleh pemerintah.

"Untuk itu, dukungan kepada Anies Baswedan bukan tanpa alasan. Dukungan para petani di Jateng sebagai bentuk apresiasi dan komitmen agar setidaknya jika Pak Anies Baswedan terpilih, aspirasi mereka bisa ditangani dengan baik," kata Slamet.

Dalam deklarasi ini, para petani yang hadir menyampaikan persoalan yang mereka alami selama ini. Mereka banyak berharap agar mantan Gubernur DKI Jakarta itu nantinya peduli dan memperhatikan aspirasi petani. Baik di Jawa Tengah maupun di seluruh Indonesia.

Harapan itu mereka sampaikan secara terbuka agar Anies nanti bisa menangani dengan baik melalui kebijakan yang berdampak positif untuk kesejahteraan petani.

"Persoalan yang paling urgent yang kami alami adalah kelangkaan pupuk. Kemudian bibit yang tidak diperoleh semua petani. Hanya kepada orang-orang tertentu," tuturnya.

"Kami berharap ketika Pak Anies Baswedan menjadi Presiden Republik Indonesia persoalan seperti ini diperhatikan secara maksimal," kata Sunardo petani asal Banyumas.

Sunardo menyampaikan aspirasi jika selama ini nasib petani luput dari perhatian pemerintahan Jokowi. Dia berharap pemerintah yang akan datang bisa lebih fokus melalui anggaran atau bantuan yang sesuai kebutuhan.

Dia bilang, petani merupakan ujung tombak atau garda terdepan dalam urusan ketahanan pangan.

"Harus diakui bahwa petani merupakan bagian penting yang mesti diperhatikan pemerintah. Karena kami (petani) merupakan unsur penting untuk menjaga ketahanan pangan nasional," ujar Sunardo.

Sunardo mengkalim dukungan terhadap Anies bukan tanpa alasan. Ia meyakini Anies punya perhatian dan kepedulian untuk seluruh rakyat dan petani Khususnya.

"Kami optimis pak Anies Baswedan akan mampu menangani berbagai persoalan para petani. Baik di Jawa Tengah maupun di seluruh Indonesia," tutur Sunardo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya