PKS Sulawesi Selatan Usulkan Khofifah Jadi Cawapres Anies Baswedan

Ketua Bappilu PKS Sulawesi Selatan Ariady Arsal memberikan keterangan kepada wartawan di sela halalbihalal di ruang Fraksi DPRD Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa, 9 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Darwin Fatir

VIVA Politik – Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan mengisyaratkan dukungan kepada kader Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa di luar internal koalisi untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan yang akan bertarung pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Kronologi Seorang Ibu Ditelan Piton saat Mengambil Obat untuk Anaknya di Desa Siteba

"Ada nama di luar nama Aher dari PKS yang diusulkan. Di luar itu, salah satunya adalah Ibu Khofifah, ada juga Pak Saifullah Yusuf dari NU yang kini Wali Kota Madiun (Pasuruan, red.)," kata Ketua Bappilu DPW PKS Sulawesi Selatan Ariady Arsal di sela halalbihalal di ruang Fraksi DPRD Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa, 9 Mei 2023.

Khofifah Indar Parawansah saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jawa Timur sekaligus mantan menteri sosial di era kabinet kerja periode pertama presiden Joko Widodo.

Pilu, Ibu Muda Ditelan Ular Piton saat Menyusuri Hutan Mencari Obat untuk Anaknya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun demikian, dari internal PKS, kata dia, telah diusulkan Ahmad Heryawan disapa akrab Aher diketahui mantan gubernur Jawa Barat dua periode sebagian bakal cawapres. Begitu pula dari Demokrat ada Agus Harimurti Yudhoyono kini menjabat Ketua Umum Partai Demokrat juga diajukan sebagai bakal cawapres.

Hasyim Asy'ari Dipecat dari Ketua KPU, Korban: Bukti Nyata Tidak Ada Pihak Kebal Hukum

Tetapi, untuk memilih kandidat cawapres, telah diberikan hak sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk menentukan siapa yang akan dipilih mendampinginya dalam kontestasi pertarungan Pilpres pada 14 Februari 2024.

"Ya, kita serahkan ke Pak Anies akhirnya, ya. Kalau kami sih, ini tadi kita serahkan ke Jakarta apapun (hasilnya) itu," ujar mantan legislator DPRD Sulawesi Selatan itu menekankan.

Sebagai orang Sulawesi Selatan, kata Ariady, secara pribadi tentu menginginkan orang Sulawesi Selatan dapat mendampingi Anies Baswedan untuk memimpin bangsa ini ke arah lebih baik dan masyarakat lebih sejahtera.

Gubernur Jatim Khofifah dan Anies Baswedan (Saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta)

Photo :
  • VIVA / Nur Faishal (Surabaya)

"Kita maunya sih bagus kalau wakilnya dari Sulsel, sebagai orang timur. Kan bisa jadi kalau ada Pak Amran Sulaiman diambil, alhamdulillah. Begitu pula Ibu Khofifah, kan ada Sulsel-nya (mendiang suaminya asal Sulawesi Selatan), kita bersyukur kalau itu. Tapi, semua diserahkan ke DPP dan terutama tadi, keputusannya ada di Pak Anies Baswedan," katanya.

Tetapi, sebagai syarat dalam menentukan bakal Cawapres, katanya, pertama, harus mendukung kemenangan, kalau tidak menang maka jangan diambil sebagai wakil. Kedua, kalau tidak bisa kerja sama, calonnya maupun partai pengusung maka tidak perlu dilanjutkan, karena akan menimbulkan kekecewaan di belakang hari.

Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS telah mengusung dan mendukung Anies Baswedan menjadi bakal capres. Namun, sejauh ini belum ada penentuan bakal cawapres yang akan mendampingi mantan gubernur DKI Jakarta, meski beberapa tokoh telah dijajaki. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya