Elite Demokrat Sindir Loyalis Anas yang Bicara Bombastis Singgung SBY: Pansos Politik

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023. Jelang Anas bebas, sejumlah loyalisnya melontarkan pernyataan yang menyinggung Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

Hasyim Asy'ari Dipecat dari Ketua KPU, Korban: Bukti Nyata Tidak Ada Pihak Kebal Hukum

Elite Demokrat pun meminta agar loyalis Anas bisa menahan omongan bombastis yang menyinggung SBY. Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Kamhar Lakumani menyampaikan demikian untuk menanggapi salah satu loyalis Anas yakni Muhammad Rahmad.

Dia mengatakan Rahmad yang juga Koordinator Nasional Sahabat Anas terafiliasi kepengurusan Demokrat versi KLB Deli Serdang pimpinan Moeldoko. Rahmad sebelumnya menyebut Anas menyiapkan pidato khusus berisi kejutan dengan menyinggung nama SBY.

Zulhas Tolak Ide Amien Rais soal Presiden Dipilih MPR, Alasannya Hasil Reformasi Tak Boleh Diubah

"Kami memaklumi jika Muhammad Rahmad Koordinator Nasional Sahabat Anas yang juga terafiliasi dengan KLB abal-abal Moeldoko membuat pernyataan bombastis yang mengait-ngaitkan Pak SBY. Pernyataan ini bentuk pansos politik Rahmad. Level Rahmad dengan Mas Anas pasti berbeda," kata Kamhar, saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 11 April 2023.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Photo :
  • Instagram @kamharlakumani
SBY Akan Nyanyi di Festival Musik Pestapora 2024 dengan Vincent dan Desta

Baca Juga: Anas Urbaningrum Siapkan Pidato Khusus Usai Bebas, Loyalis Singgung SBY

Namun, Kamhar menyampaikan ucapan selamat Anas yang akan menghirup udara bebas dan kembali ke masyarakat menjalani kehidupan normal. Bagi dia, rencana Anas pidato di depan para loyalisnya merupakan hal yang wajar dan sah.

"Sah-sah saja untuk dilakukan sepanjang memenuhi ketentuan dan tak menggangu aktivitas publik. Beliau memang orator ulung," ujar Kamhar.

Kamhar mengaku tak paham materi pidato yang akan disampaikan Anas. Tapi, ia berharap pidato Anas di bukan Ramadhan ini akan mempresentasikan hasil refleksi dan kontemplasi beliau berupa ide serta gagasan yang memberi bobot.

Dia pun mengutip pernyataan Eleanor Roosevelt 'First Lady' dan kolumnis dari Amerika Serikat. Menurutnya, pernyataan Eleanor yakni 'orang hebat berbicara mengenai ide-ide, orang biasa tentang kejadian sekitar, dan orang kecil berbicara tentang orang lain".

"Kita akan menyaksikan apa yang dibicarakan (Anas) akan menentukan levelnya," tutur Kamhar.

Sebelumnya, salah seorang loyalis Anas, M Rahmad mengatakan Anas akan menyampaikan pidato khusus yang berisi kejutan. Pidato itu akan dilakukan Anas begitu keluar dari Lapas Sukamiskin.

Menurut dia, para loyalis akan menjemput langsung Anas di Lapas Sukamiskin. Terkait isu pidato Anas, Rahmad mengatakan lebih baik menunggu Selasa sore nanti.

Rahmad bilang isu materi pidato Anas akan ada kejutan Rahmad pun menyinggung nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Terkait ramainya pertanyaan terkait isi pidato Mas Anas, dapat kami sampaikan bahwa Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya besok. Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad, dalam keterangannya, Senin, 10 April 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya