Ledakan Kilang Minyak Lagi, PKS Desak Ahok dan Nicke Widyawati Mundur dari Pertamina

Anggota DPR Fraksi PKS Mulyanto.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS Mulyanto mendesak Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati untuk mengundurkan diri menyusul terjadinya lagi ledakan dan kebakaran di kilang minyak milik Pertamina.

PKS Klaim Anies Sambut Baik Duet dengan Sohibul di Pilkada Jakarta 2024

Mulyanto menegaskan ledakaan yang terjadi di kilang minyak Dumai menandakan Direktur Utama dan Komisaris Utama Pertamina sekarang tidak dapat melakukan perbaikan sistem keamanan dan keselamatan kerja di wilayah kerja strategisnya.

“Terlepas dari penyebab kebakaran ini karena sabotase atau kecelakaan murni, Komut dan Dirut Pertamina harusnya malu bila masih mempertahankan jabatannya,” kata Mulyanto, Senin, 3 April 2023.

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi LNG

Kilang Pertamina di Dumai PT KPI RU II yang mengalami Kebakaran Sabtu 1/4/2023

Photo :
  • ANTARA/HO-PT KPI RU II Dumai

Menurut Mulyanto, keecelakaan ini membuktikan keberadaan Komut dan Dirut Pertamina saat ini tidak efektif menggerakan seluruh jajaran untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja.

PKS Sarankan PKB Jadikan Anies Baswedan Kader: Win-win Solution

"Harusnya secara legowo Komut dan Dirut Pertamina mengundurkan diri secara sukarela. Sebagai bentuk pengakuan ketidakmampuan dalam mengelola resiko, sehingga ledakan dan kebakaran kilang ini kembali terjadi. Biarkan Pertamina dikelola oleh orang yang tepat,” kata Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR tersebut.

Mulyanto menambahkan, Pertamina butuh pimpinan yang dapat menggerakan semua potensi SDM untuk mengamankan aset yang dikelola. Juga mampu berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam mengamankan wilayah kerja Pertamina.

“Hal ini penting karena wilayah kerja dan fasilitas produksi Pertamina adalah objek vital negara, aset strategis nasional," kata Mulyanto.

Warga Kota Dumai ketika melihat kebakaran di kilang Pertamina pada Sabtu malam 1 April 2023.

Photo :
  • ANTARA/tangkapan layar.

Mulyanto lebih jauh mengaku prihatin, sebab dalam waktu kurang dari dua bulan terjadi tiga kali ledakan dan kebakaran beruntun di fasiltas strategis BBM Pertamina. Sebelumnya terjadi ledakan di Terminal BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara. Disusul terjadinya kebakaran di kapal angkut BBM Pertamina di Mataram. Kemudian sekarang terjadi lagi ledakan di kilang minyak Pertamina Dumai, Riau.

"Menjelang hari raya Idul Fitri dan di tahun politik, ledakan yang terjadi pada obyek vital negara yang strategis dan terjadi secara beruntun adalah hal yang tidak biasa. Jangan dianggap remeh," kata Mulyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya