Tanggapi Demokrat, PKS: Aher Juga Tepat untuk Duet Anies Baswedan

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk lima besar sosok cawapres yang paling diminati masyarakat di Pilpres 2024. Dalam survei itu, AHY mendapat elektabilitas 6,6 %. 

PKB: Cuma Anies yang Punya Elektoral di Jakarta, Ridwan Kamil Enggak Ada Nama

Menanggapi itu, Muhammad Kholid, Juru Bicara (jubir) DPP PKS, calon mitra koalisi Nasdem dan Demokrat menilai, sosok mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher juga merupakan tokoh yang tepat. Mereka yakin kalau kapabilitas Aher yang 2 periode memimpin Jawa Barat cocok menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Hal tersebut disampaikannya, menanggapi Partai Demokrat yang menyatakan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang pantas dipilih Anies Baswedan sebagai cawapres. 

PKB Protes PKS Deklarasi Sepihak Anies-Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta

"Kami memandang bahwa calon kami Aher juga punya kriteria yang cocok buat Pak Anies. Kang Aher punya elektabilitas yang baik, terbukti terpilih 2 kali di Jawa Barat. Itu tidak mudah lho ya," kata Kholid kepada wartawan, Jumat, 28 Oktober 2022.

Kholid mengungkapkan, kemenangan Aher di Tanah Pasundan sebanyak 2 kali di pilkada, sangat harus dipertimbangkan oleh Nasdem dan Partai Demokrat. Karena daerah Jawa Barat adalah salah satu penyumbang suara yang signifikan.

SBY Bakal Manggung di Pestapora 2024

"(Jawa Barat) Penyumbang suara terbesar di pilpres. Selain itu, suku Sunda itu suku terbesar kedua di Jawa. Kemenangan Aher 2 kali di Jawa Barat itu menjadi basis teriori, bahwa beliau punya modal sosial dan politik yang teruji di lapangan bukan hanya di survei," jelasnya.

Sederet Prestasi Aher Pimpin Jawa Barat

Selain itu, Aher juga memiliki rekam jejak kepemimpinan yang sangat baik. Ratusan penghargaan dari dalam dan luar negeri, diterima selama memimpin Provinsi Jawa Barat. 

"Memimpin 10 tahun Jawa Barat adalah modal besar buat Aher untuk naik kelas memimpin Indonesia bersama Pak Anies yang sukses memimpin Jakarta," ujarnya. 

kendati begitu, tegas Kholid, PKS tetap menghormati pernyataan dari elit Demokrat yang membela ketua umumnya. 

"Kami menghormati pandangan sahabat di Demokrat. Tentu wajar jika mas AHY menjadi kandidat terbaik mendampingi Pak Anies di Pilpres 2024. Mas AHY muda, smart, dan punya tingkat keterpilihan yang baik," ujarnya. 

Bagi Demokrat AHY Pas Dampingi Anies Baswedan

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, hasil survei Litbang Kompas menunjukkan kalau AHY adalah sosok yang tepat menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

"Bagi kami, hasil survei ini semakin menunjukkan kalau AHY memang sosok cawapres yang tepat untuk Anies," kata Herzaky kepada wartawan.

Ia menjelaskan, dengan nilai eletabilitas AHY sebesar 6,6 % yang notabenenya bukan seorang pejabat publik tentu itu sebagai indikator kalau sosok AHY memang memiliki keterpilihan yang tinggi di masyarakat Indonesia.

"Posisi Ketum AHY, di urutan ke-5 dengan elektabilitas sebesar 6,6 % ini terbilang tinggi. Satu-satunya sosok yang bukan pejabat publik. Bahkan, selisih dengan figur-figur di atasnya, relatif tipis," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya