PAN Ajukan 9 Capres: Seluruh Ketum Partai KIB Hingga Puan Maharani

Ketum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • istimewa

VIVA Politik – Partai Amanat Nasional atau PAN, dalam Rakernas III mengusulkan 9 nama sebagai Capres 2024. Seluruh ketua umum partai di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB (Golkar, PPP dan PAN) adalah diantaranya.

Anggota DPRD Jambi periode 2024-2029 Dilantik Pekan Depan, PAN-Golkar Dominasi Parlemen

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mengumunkan langsung nama-nama Capres 2024 dari partai yang dipimpinnya itu. Keputusan tersebut berdasarkan pilihan dari hasil rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten/kota. Prosesnya sangat demokratis. 

"Bismillahirrahmanirrahim. Saya akan mengumumkan beberapa nama calon pemimpin nasional," kata Zulkifli Hasan di Istora Senayan Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022. 

Zulhaz Lapor Realisasi Anggaran Kemendag Capai Rp 1,12 Triliun per 31 Agustus 2024

Ia merinci, pertama dari kalangan politisi. Bahwa pucuk pimpinan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) layak maju sebagai kandidat capres pada Pilpres 2024.

"Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong, baik Pak Airlangga dari Partai Golkar. Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Ibu Puan Maharani dari PDIP Perjuangan. Maupun saya dari PAN," katanya. 

Profil Nisya, Adik Raffi Ahmad yang Sempat Tak Lolos Pileg Kini Dilantik Jadi Anggota DPRD

Kedua, unsur teknokrat. Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok yakni Menteri BUMN Erick Thohir, untuk maju dalam Pilpres 2024. 

Ketiga, kluster kepala daerah. Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa. 

"Demikianlah usulan PAN, ada 9 nama yang kami usulkan. Nama-nama yang telah disebutkan tadi. Tetapi, saya melihat banyak juga kandidat lain yang layak kita dorong bersama," ujarnya. 

Ridwan Kamil-Suswono Daftar Cagub Wagub di KPU DKI Jakarta

PAN Dorong Cagub-Cawagub Jakarta 2024 Adu Gagasan Atasi Polusi Udara

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mendorong agar calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta 2024 beradu gagasan soal penyelesaian masalah polusi udara. Me

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024