Isu Paloh Diam-diam Temui Megawati di Teuku Umar, Hasto: Tidak

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (tengah).
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

VIVA Politik - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (PDIP) menyampaikan Puan Maharani ditugaskan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memimpin safari politik. Puan dalam tugas itu akan bertemu dengan para pimpinan partai politik atau parpol.

Megawati Melawat ke Rusia dan Uzbekistan: Beri Kuliah Umum-Terima Gelar Doktor Kehormatan

"Jadi, yang ditugaskan Ibu Megawati kan jelas Mbak Puan. Dan, kami mendampingi pertemuan-pertemuan tersebut," kata Hasto di Kantor DPP PDIP dikutip dari Antara, Kamis, 25 Agustus 2022.

Saat safari politik ke Nasdem, Puan ditemani elite pengurus DPP seperti dirinya, Bendahara Umum DPP Olly Dondokambey, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang 'Pacul' Wuryanto.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Hasto menjelaskan safari politik PDIP terus dilakukan ke partai lain itu sebagai tradisi positif yang dibangun. Menurutnya, hal itu untuk kebaikan bangsa Indonesia ke depan. "Bagaimana pun dalam membangun bangsa dan negara dialog itu sangat perlu," lanjut Hasto.

Puan Maharani selfie bareng Surya Paloh dan Megawati

Photo :
  • Instagram Puan Maharani
PDIP: UU KPK Lahir di Zaman Pemerintahan Ibu Megawati, Itu Fakta Sejarah

Lantas, ditanya isu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu Megawati di kediaman Teuku Umar, Hasto menepisnya.

"Tidak. Meskipun antara Kantor Nasdem yang baru dengan rumah Ibu Ketua Umum Megawati berdekatan," ujar Hasto.

Namun, Hasto menyebut Puan Maharani akan tetap memimpin safari politik. Agenda safari politik itu setelah Nasdem akan berlanjut ke Partai Gerindra, Golkar, PKB, PAN, dan PPP.

"Betul sekali (Puan Maharani pimpin safari politik, red). Makanya ada Tim Advance. Kami mendampingi, ada Pak Bambang Pacul, Pak Olly Dondokambey, dan saya sendiri sebagai Sekjen," katanya.

Terkait Puan yang memimpin safari politik, Hasto mengatakan karena dalam proses dan kedudukan Ketua DPR itu punyai kapasitas untuk itu.

"Beliau kan Ketua DPP Bidang Politik dan kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI yang banyak berdialog dengan seluruh fraksi-fraksi partai politik di DPR RI. Tentu saja sesuai dengan penugasan Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Megawati Diapit Kedua Anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Photo :
  • PDI Perjuangan

Penjelasan Megawati

Sementara, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya yang memerintahkan Puan untuk melakukan komunikasi politik ke parpol lain. Selain sebagai Ketua DPR RI, Puan yang juga putrinya tersebut merupakan Ketua DPP PDIP.

Megawati pun menyampaikan komentarnya usai safari politik Puan ke Nasdem bertemu dengan Surya Paloh.

"Itu saya lihat baru satu partai loh. Itu kan sudah apa ya, tapi gayanya itu loh. Udah langsung beda loh," kata Megawati.

Megawati mengatakan dirinya bisa melihat ada yang berbeda pascapertemuan di Nasdem. Sebagai politikus yang sudah lama, Megawati mengaku dirinya memiliki pengalaman seabrek sehingga bisa melihat adanya perbedaan situasi.

"Saya kan bisa melihat, mata tua saya ini pengalamannya seabrek-abrek. Jadi, kalau dari sisi politik juga saya bisa lihatlah. (Padahal) baru 1 partai yang dikunjungi Mbak Puan yang menjabat di DPP PDIP dan DPR RI," kata Megawati. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya