Survei Charta Politika: Jokowi Unggul 55,7 Persen, Prabowo 38,8 Persen

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Charta Politika merilis survei prediksi pemenang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019. Untuk pilpres,  calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin diprediksi unggul dengan perolehan suara sebanyak 55,7 persen. Sedangkan, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 38,8 persen. 

The Economist Ralat Hasil Survei Elektabilitas Prabowo 50 Persen, Ini Alasannya

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, survei ini merupakan snapshot atau gambaran yang diambil secara cepat pada 5-10 April 2019. Adapun, pertanyaannya adalah sikap pemilih jika pilpres dilaksanakan pada hari itu. 

"Pertanyaan yang disampaikan oleh surveyor kepada responden adalah 'seandainya pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan hari ini, pasangan manakah yang Anda pilih?" ujar Yunarto di kantornya, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Ia pun mengungkapkan, undecided voters atau responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab menurun atau hanya 5,5 persen. Menurutnya, angka sudah menurun signifikan dibanding survei sebelumnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, soal tingkat kemantapan pemilih juga sudah sangat besar. Dimana 84,2 persen menyatakan mantap dengan pilihannya alias tidak akan berubah lagi. Rinciannya, tingkat kemantapan pemilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 88,4 persen dan Prabowo-Sandi 87,8 persen. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Sama-sama fanatik, ini sama-sama hampir 90 persen. Saya pikir tidak mudah menemukan kampret menjadi cebong atau cebong menjadi kampret," ujarnya. 

Survei ini digelar pada 5 sampai 10 April 2019, dengan jumlah responden sebanyak 2.000 dan margin of error 2,2 persen. 

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024