PKS: Indonesia Harus Berpikir Merdeka dari Utang

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA - Wakil Ketua Majelis Syuro Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid, menanggapi pernyataan calon presiden no 02, Prabowo Subianto soal bayi lahir sudah memiliki utang.

Kemenkeu Beberkan Alasan Utang Pemerintah Turun Jadi Rp 8.461,93 Triliun

Menurutnya, Indonesia harus memikirkan bagaimana Indonesia merdeka dari utang.

"Yang paling dipentingkan adalah bukan berapa jumlah utangnya, tetapi bagaimana pemimpin Indonesia memikirkan bagaimana Indonesia merdeka, termasuk merdeka dari utang," kata Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Utang Pemerintah per Agustus 2024 Turun Jadi Rp 8.461,93 Triliun

Ia mengatakan, Presiden digaji dan diberi kewenangan untuk memikirkan Indonesia yang adil, makmur dan betul-betul berdaulat. Sehingga bukan membangun atas dasar utang.

"Kalau gitu (utang) mah, siapapun juga bisa," kata Hidayat.

Kemenkeu Bayar Bunga Utang Rp315,6 Triliun per Agustus 2024

Menurutnya, utang Indonesia sudah di atas Rp5.000 triliun. Sementara itu, jumlah warga Indonesia hanya 260 juta. Karena itu, setiap orang bisa dilihat akan dikenakan berapa beban utangnya.

"Ini menjadi bagian yang harus dipikirkan oleh siapapun yang memimpin Indonesia ke depan. Apakah, Indonesia akan menjadi negeri yang betul-betul tergadaikan oleh utang," kata Hidayat.

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto menyebut bahwa banyak anak yang baru lahir, tetapi sudah menanggung utang sampai 600 dolar Amerika Serikat atau Rp9 juta.

Prabowo menjelaskan, dari pendapatan per kapita Indonesia, yakni 4.000 dolar AS per tahun, 49 persen hanya dikuasai oleh satu persen rakyat Indonesia. (asp)

Ilustrasi peningkatan utang pemerintah Indonesia.

Pemerintah Bakal Tarik Utang Akhir Tahun Buat Pembiayaan 2025

Pemerintah berencana akan melakukan penarikan utang di awal atau pre-funding pada kuartal IV-2024 untuk pembiayaan tahun depan.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2024