Ingin Bentuk Poros Ketiga, Demokrat Tak Mau Membebek

Didi Irawadi Syamsuddin
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Partai Demokrat masih ingin membentuk poros ketiga dalam Pemilihan Presiden 2019. Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsudin.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ia menyatakan, partainya tidak ingin ikut-ikutan dengan arus partai politik lain. Hingga saat ini, lanjut dia, Partai Demokrat masih terus membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik lainnya.

"Tidak seperti karnaval, yang membebek orang-orang ke kiri kita ke kiri, orang ke kanan kita ke kanan. Bagaimanapun 10 tahun di kekuasaan, kami ingin melanjutkan program-program kami berkelanjutan, kalau ada yang kurang kita perbaiki," kata Didi dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Sabtu 5 Mei 2018.

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

Lebih jauh, Didi meyakini, dukungan terhadap seorang calon pasti akan mempengaruhi elektoral partainya. Dalam ajang pilpres ini, Partai Demokrat ingin meraih dampak positif dari dukungan yang diberikan. 

Lantaran itu, lanjut Didi, pihaknya akan lebih berhati-hati dalam menentukan arah dukungan. "Alangkah ruginya kalau kita ikut dukung mendukung tapi kita enggak dapat dampak elektoral," ujarnya.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Didi pun mengajak parpol lain untuk bergabung membentuk poros ketiga dalam Pilpres 2019. Meskipun ia sadar hal tersebut sulit terwujud.

"Meskipun poros ketiga kecil kemungkinan. Tapi makin banyak pilihan makin bagus untuk demokrasi dan partai-partai yang ada itu bagus juga. Saya mengajak kita, sahabat-sahabat partai yang ada untuk cerdas," ujarnya. (ren)
 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)

Jika Pilpres 2024 Ada 3 Poros, SBY Bisa Jadi King Maker

Pilpres 2024 diharapkan jangan head to head atau dua poros. Hal ini merujuk pengalaman Pilpres 2014 dan 2019.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2021