Kunjungi Maluku Utara, Jokowi Temukan PLTS Daruba Rusak

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan sejumlah kerusakan di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba di Desa Juanga, Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu pagi, 6 April 2016.

Pernah Disurvei, Sapi Milik Peternak Gresik Gagal Dibeli Presiden

Hal itu ditemukan Jokowi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pembangkit listrik yang memiliki kapasitas 600 KW itu. Saat tiba di PLTS Daruba, Jokowi disambut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. 

Jokowi langsung melihat ruang pengendali dan panel surya. Jokowi mendapati PLTS itu tidak dapat beroperasi secara optimal. 

Kunjungi Pasar Badung, Jokowi Beli Buah-buahan untuk Buka Puasa

"Otomatisnya rusak sehingga yang dipakai hanya manual, tapi ada yang mangkrak juga yang di Halmahera," kata Jokowi dalam siaran pers, Rabu, 6 April 2016.

Jokowi mengingatkan masalah perawatan PLTS tersebut. "Kita harus lihat (PLTS) segede ini yang pegang hanya satu orang. Coba lihat ke dalam perangkat seperti apa gedenya kayak gitu, banyaknya kayak gitu," ujar Jokowi.

Duh, Belum Ada Kepastian Presiden Jokowi Hadir di Stadion Kanjuruhan

Dalam peresmian PLTS dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) beberapa waktu lalu, Jokowi juga mengingatkan pentingnya perawatan. Presiden menyinggung bahwa banyak pembangunan, tetapi tidak bisa merawatnya dengan baik.

"Orang Indonesia ini paling tidak bisa merawat, bangunnya pintar, buatnya pintar, tapi merawatnya enggak bisa. Jangan bongan-bangun tapi merawatnya tidak bisa,” katanya.

Usai meninjau PLTS Daruba, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan singgah di Museum Trikora, sebelum menuju Pangkalan TNI AU Leo Wattimena, Morotai.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. (one)

Presiden Joko Widodo Meninjau Pasar Pelayanan Publik di Banyuwangi

Jokowi Pakai Pelindung Wajah Tinjau Pasar di Banyuwangi

Kunker pertama Jokowi saat pandemi Covid-19.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020