Macaca Nigra, Monyet Lucu yang Terancam Punah

Macaca Nigra
Sumber :
  • Wikipedia Common| Daily Mail

VIVAnews - Ada banyak kekayaan fauna yang dimiliki Indonesia. Di antaranya, Komodo di Nusa Tenggara Timur, Anoa di Sulawesi, Gajah unik di Pulau Sumatera, juga Macaca Nigra di Sulawesi Utara.

Oleh masyarakat lokal, monyet hitam berjambul dan berpantat merah itu  disebut juga "Yaki Panta Mera". Di Sulawesi Utara, Macaca Nigra banyak terdapat di hutan Tangkoko.

Namun sayang, populasi hewan tersebut kini kritis, terancam punah akibat ulah manusia yang tak bertanggung jawab. "Warga menembak yaki panta merah untuk dimakan, ada juga yang melepas perangkap," ujar Abinano Mougli, Sekretaris Cagar Hijau saat berbincang-bincang dengan VIVAnews sambil menelusuri hutan Tangkoko di Sulut, Senin 21 Mei 2012.

Monyet ini juga dianggap hama, itu juga yang jadi alasan manusia tak bertanggungjawab memburunya.

Abi, pangglilan akrab Abinano Mougli, mengatakan, saat ini jumlah Macaca Nigra di Sulut tinggal puluhan. "Di tahun 1990-an, Macaca Nigra masih terhitung ratusan dan bahkan ribuan, saat ini sudah hampir punah," kata dia.

"Kami harapkan pemerintah bisa lebih memperhatikan dengan Macaca Nigra, karena kehidupan dari Macaca Nigra juga adalah karunia Tuhan," ucapnya.

Secara terpisah, Koordinator Pendidikan Konservasi Tangkoko, Mathilde Chanvin dan Victor Wodi menuturkan, untuk mengatasi perburuan liar Macaca Nigra, mereka akan membentuk kerjasama dengan pihak-pihak terkait, salah satunya kepolisian. "Kami sudah menyampaikan ke pihak polisi untuk menjalankan investigasi," kata Mathilde.

Macaca Nigra dilindungi berdasarkan UU RI No.5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah RI No.7 Tahun 1999. Hewan ini bisa ditemukan di Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Cagar Alam Gunung Duasudara, Cagar Alam Gunung Ambang, Gunung Lokon dan Tangale, dan menyukai tempat-tempat di dekat perairan.

Mendunia berkat foto diri

Tak banyak anak bangsa yang mengetahui, apalagi menghargai keberadaan Macaca Nigra di Sulawesi Utara. Meski namanya sempat mendunia pada Juli 2011 lalu.

Foto Macaca Nigra betina yang menyeringai lucu, memamerkan gigi-gigi besarnya, membuat orang-orang gemas. Dan hebatnya, monyet itu memotret dirinya sendiri.

Seperti dimuat Daily Mail, kala itu, fotografer David Slater berkunjung ke taman nasional di Sulut. Ke habitat hewan cerdas nan ramah itu.

Pratama Arhan Diserang Netizen Usai Salim Nauderer Bantah Selingkuh dengan Azizah Salsha

Ia tak sengaja meninggalkan kameranya. Benda itu ternyata menarik perhatian seekor Macaca betina. Terkesima dengan bayangan dirinya di lensa, entah bagaimana monyet itu lalu menghidupkan kamera dan klik, ia menekan tombol memotret. Hasilnya adalah sebuah foto diri yang indah. Meskipun puluhan lainnya tak karuan hasilnya.  (umi)