Jawaban Nyeleneh Cagub Dharma saat Ditanya Pencegahan Stunting dengan ASI: Pakai Daun Katuk

Calon gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun dalam debat kedua
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Para pendukung pasangan calon atau paslon peserta Pilgub Jakarta 2024 tertawa saat calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun, bicara terkait pencegahan stunting dengan asupan air susu ibu (ASI).

Polisi Kawal Ketat Distribusi Surat Suara Pilkada 2024 ke Kabupaten Puncak Jaya Papua

Menurut Dharma, seorang ibu khususnya pekerja perlu memakan daun katuk untuk menambah pasokan ASI.

"Untuk memastikan air susu ibu lancar, perlu disediakan asupan makanan bergizi, seperti daun katuk," kata Dharma dalam debat kedua Pilgub Jakartadi Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 27 Oktober 2024.

Seru! Rano Karno Vs Dharma Pongrekun soal Kebijakan Terhadap Masyarakat Baduy

Dharma mengatakan nantinya para ibu pekerja diberikan kesempatan untuk mengasuh anak-anak serta memastikan pasokan ASI terjaga. Hal ini juga jadi program unggulan yang akan digagasnya

"Agar tidak perlu lagi memaksakan disedot air susu ibunya dan diberikan waktu yang cukup luas untuk mengasuh anaknya," jelas Dharma.

Jika Jadi Wagub Jakarta, Rano Karno Bakal Buat SPBU Apung untuk Warga Kepulauan Seribu

Dharma Pongrekun Debat Kedua, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024

Photo :
  • Youtube KPU DKI

Pernyataan itu lantas membuat sebagian para pendukung paslon yang hadir di lokasi debat tertawa. Beberapa juga tampak menggelengkan kepala mendengar pernyataan Dharma.

Dharma pun menjelaskan bahwa perusahaan atau pabrik perlu menyediakan tempat yang memadai agar ibu punya waktu untuk menyusui anaknya. Jika memungkinkan, ibu yang sedang menyusui bisa bekerja dari rumah dengan konsep kerja jarak jauh. "Sehingga ia tetap dapat menjalankan pekerjaannya tanpa harus keluar rumah," ujar Dharma.

Sebagai informasi, KPU Jakarta menggelar debat kedua paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Jakarta Utara.

Tema debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Adapun tema itu terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya