Sempat Ditolak dan Terpencar, Jumlah Pengungsi Rohingya di Deli Serdang Menjadi 153 Orang

153 warga etnis Rohingya di lokasi pengungsian di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.(istimewa/VIVA Medan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, mendata pengungsi warga Rohingya, di Pantai Dewi Indah, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, berjumlah 153 orang.

Menko Polkam Budi Gunawan Fokus Tangani Kasus Rohingya dan Berantas Judi Online

Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Citra Effendi Capah menjelaskan sebelumnya, terdata 146 orang dan ada 7 orang pengungsi terpencar dari rombongan.

"Jadi kemarin ada 146 orang lebih, tapi ada lagi tambahan masuk ke cecer. Jadi sekarang total 153 orang itu data terakhir," kata Citra, Sabtu 26 Oktober 2024.

50 Pengungsi Rohingya di Aceh Selatan Kabur ke Arah Riau

Citra menjelaskan untuk saat ini, ratusan pengungsi Rohingya ditempatkan sementara di Aula Camat Pantai Labu, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menentukan di mana nantinya lokasi pengungsi Rohingya ini.

Citra mengatakan untuk kebutuhan konsumsi dan kesehatan para pengungsi di lokasi pengungsi sementara itu. Pihak Pemkab Deli Serdang sudah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Tiga Terduga Penyelundup Rohingya ke Aceh Selatan Ditangkap

"Masalah makan, minum pengobatan sandang itu dipegang lembaga international UNHCR, IOM. Termasuk kebutuhan kesehatan itu ada difasilitasi," jelas Citra.

Citra mengatakan ada penolakan warga terhadap pengungsi Rohingya, namun dia dia meminta warga tidak terlalu reaktif dan terprovokasi belum tentu kebenarannya. Kini pihaknya dengan berbagai stakeholder tengah mencari solusi untuk menentukan lokasi pengungsi Rohingya.

"Keberatan warga prinsipnya kita terima, namun kita harus bisa jelaskan memberikan pengertiannya situasi seperti ini, jadi kita meyakinkan pada masyarakat jangan terlalu reaktif kali dan terprovokasi isu yang kadang tidak benar. Sementara mereka di kantor camat ini aman, mudah mudahan," kata Citra.

Sementara itu, Polresta Deli Serdang menurunkan tim Dokkes melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 153 orang Etnis Rohingya. Hasildari pemeriksaan Tim Dokkes Polresta Deli Serdang ditemukan penyakit gatal-gatal atau penyakit kulit, demam, batuk pilek dan diare.

Sementara itu, Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol. Raphael Sandhy Cahya Priambodo, S.IK mengatakan bahwa kehadiran Tim Dokkes dari Polresta Deli Serdang ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Etnis Rohingya.

"Tindakan ini adalah sebagai langkah dan upaya dari Polresta Deli Serdang dalam gerakan kemanusiaan pelayanan kesehatan terhadap warga Rohingya," ucap Raphael.

Sebelumnya, ratusan pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar terdapat di Pantai Dewi Indah, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis subuh, 24 Oktober 2024, sekitar pukul 04.00 WIB.

Berdasarkan informasi dihimpun, 153 warga etnis Rohingya itu, menggunakan satu perahu besar, terdampar di pantai tersebut. Warga sekitar yang melihat banyaknya kehadiran orang asing, dilaporkan ke Pos Angkatan Laut (AL) Pantai Labu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya