Perkuat Pengawasan di Daerah, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Instansi Ini

Bea Cukai jalin sinergi dengan instansi lain
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Dalam rangka melaksanakan tugas, Bea Cukai senantiasa berkolaborasi dengan instansi lain yang tugasnya berkaitan dengan kepabeanan dan cukai. Tujuannya, untuk meningkatkan pengamanan penerimaan negara dan menjaga keamanan negara dari masuknya barang-barang berbahaya.

Sisir Kabupaten Konawe, Bea Cukai Kendari Amankan Ribuan Batang Rokok Ilegal

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Budi Prasetiyo, mengungkapkan bahwa di bidang penegakan hukum, Bea Cukai, melalui unit vertikalnya, yaitu Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel), dan Bea Cukai Tarakan, melaksanakan koordinasi dengan instansi lainnya untuk membahas pengawasan bersama bidang kepabeanan dan cukai.

“Kolaborasi dengan aparat penegak hukum lain ini berdampak positif terhadap Bea Cukai untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan/atau berbahaya,” ujar Budi.

Operator Gembong Narkoba Fredy Pratama Dicokok, Bertugas Edarkan Sabu di Jakarta-Bali

Dalam rangka menjalankan fungsi Bea Cukai sebagai community protector dan meningkatkan sinergi, Bea Cukai Tarakan melaksanakan pengawasan bersama yang dilaksanakan di Pelabuhan Malundung pada Rabu (16/10). Intansi yang terlibat antara lain Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Utara, Satuan Patroli Laut Lantamal XIII, serta Tim Ditresnarkoba Polda Kalimantan Utara.

Di Makassar, Kanwil Bea Cukai Sulbagsel menggelar kegiatan Coffee Morning bersama Tim Direktorat Intelkam Polda Sulsel pada Kamis (17/10). Dalam kegiatan ini dibahas mengenai jenis-jenis senjata api, khususnya yang digunakan oleh Bea Cukai, macam-macam perizinan senjata api, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan dalam penggunaan senjata api.

Bea Cukai Gempur Rokok Ilegal di Sidoarjo dan Tanjungpinang

Sementara itu, guna meningkatkan kolaborasi pengawasan, Kanwil Bea Cukai Kalbagsel menggelar rapat asistensi yang diikuti oleh unit vertikal di lingkungan Kanwil Bea Cukai Kalbagsel dan kunjungan kerja ke berbagai instansi di Kalimantan Selatan yang diselenggarakan pada Selasa (08/10). Kunjungan kerja tersebut dilaksanak di Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah, Kanwil DJPb Kalimantan Tengah, dan Polda Kalimantan Tengah.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan terjalin sinergi yang lebih kuat antarinstansi penegak hukum untuk menciptakan lingkungan yang kondusif agar memberikan rasa aman bagi masyarakat,” pungkas Budi.

Bea Cukai memberi izin fasilitas kepabeanan

Wujudkan Komitmen Pelayanan, Bea Cukai Beri Fasilitas Kaber Mandiri ke Produsen Alat Kesehatan

Komitmen untuk mendukung dan memberikan kemudahan bagi industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas kepabeanan diwujudkan Bea Cukai Yogyakarta.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2024