Pastikan Pengerjaan Rute Velodrome-Manggarai Tepat Waktu, Gibran: LRT Jakarta Jadi Faktor Kunci

Dok. Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka meninjau perkembangan pengerjaan jalur Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai sepanjang 6.4 KM. Peninjauan itu dilakukan bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi dan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

Gibran Tinjau Makan Siang Gratis di SDN 03 Menteng, Intip Menunya

Gibran menilai bahwa penyelesaian LRT ini adalah salah satu faktor kunci untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik oleh masyarakat dan mengurangi polusi udara. 

Karena, kata dia, jika sudah tersambung mulai dari Kelapa Gading - Velodrome potensi penumpang LRT Jakarta akan meningkat dari sebelumnya 3.000 - 5.000 per hari menjadi 70.000 - 100.000 per hari.

Gibran Jamu Makan Siang Wapres Tiongkok Han Zheng, Ini yang Dibahas

Di sisi lain, Gibran juga menekankan pentingnya konektivitas dan kenyamanan moda transportasi, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Ia pun mengingatkan pentingnya ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek ini, dengan target operasional di Agustus 2026. 

"LRT ini adalah salah satu faktor kunci untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik oleh masyarakat dan mengurangi polusi udara. Semoga bisa didorong penyelesaiannya tepat waktu," ujar Gibran dikutip dari instagram pribadinya, Rabu, 23 Oktober 2024.

Momen Gibran Terima PM Korea Selatan Usai Jadi Wapres, Bahas IKN hingga Hilirisasi

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai

Photo :
  • Dok. Waskita

Selain proyek LRT, Gibran juga meninjau proyek strategis di Jakarta, salah satunya pembangunan Cibubur Youth Elite Sport Center (CYESC) di Jakarta Timur. 

Proyek senilai Rp249 Miliar ini meliputi pembangunan dan renovasi berbagai fasilitas olahraga yang diproyeksikan menjadi pusat pelatihan sejumlah cabang olahraga (panahan, panjat tebing, renang, dan gymnastic), untuk meningkatkan prestasi atlet Indonesia.

Penyelesaian yang tepat waktu dengan kualitas pengerjaan yang terjaga menjadi perhatian Wapres. Sehingga walaupun saat ini realisasi proyek CYESC baru mencapai 61 persen, Menpora dan Wamen PUPR memastikan bahwa pengerjaan akan dikebut dan siap diresmikan Presiden Prabowo Desember tahun ini.

AKPRO Uji Coba Jalur LRT Fase 1B dari Stasiun Velodrome ke Rawamangun

Photo :
  • JAKPRO

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi menyatakan, Pemprov DKI siap mendukung dan menyambut baik pembangunan fasilitas olahraga yang dikhususkan untuk cabang olahraga Olimpiade. CYESC akan dijadikan pusat pelatihan sejumlah cabang olahraga seperti panahan, panjat tebing, renang, dan gymnastic.

"Kami mengharapkan pembangunan CYESC ini dapat meningkatkan prestasi atlet-atlet nasional, khususnya atlet Jakarta untuk mengharumkan nama Indonesia dalam laga internasional. Kami selalu mendukung program pembangunan dari pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya