Jadi Penasihat Khusus Presiden, Muhadjir Effendy Sebut Prabowo Fokus Masalah Haji di Indonesia

Muhadjir Effendy Sertijab ke Pratikno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Presiden Prabowo Subianto telah mengangkat dan melantik Muhadjir Effendy sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Haji di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2024. Menurut dia, Prabowo memang memberikan perhatian khusus yang berkaitan dengan masalah haji di Indonesia sejak terpilih menjadi Presiden RI.

Presiden Prabowo Terima Kunjungan Dua Utusan Mesir dan PEA di Istana

“Beliau waktu masih sebagai Presiden terpilih, beliau sangat memperhatikan, memberikan perhatian sangat khusus berkaitan masalah haji di Indonesia,” kata Muhadjir di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Babe Haikal Hassan Klarifikasi Soal ‘Oposisi Sampai Mati’, Puji Sosok Prabowo Orang Baik

Memang, Muhadjir beberapa kali menghadap Prabowo untuk dimintai berbagai macam pandangan, karena itu koordinasinya di bawahnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) era Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). 

“Mungkin karena saya sudah memberikan beberapa masukan itu, mungkin beliau mempertimbangkan saya ditunjuk sebagai salah satu penasihat beliau itu,” ujarnya.

Jadi Kepala Badan Jaminan Produk Halal era Prabowo, Babe Haikal Hassan Bakal Lakukan Ini

Namun, Muhadjir mengaku tidak mengetahui latar belakang adanya Penasihat Khusus Presiden bidang Haji ini apa karena soal cengkaret penyelenggaraan haji tahun 2024. Yang jelas, kata dia, Prabowo memang sangat memberikan perhatian khusus terhadap masalah haji di Indonesia.

“Beliau memerintah saya untuk coba membuat semacam analisis. Kemudian saya sampaikan kepada beliau, dan itu dalam kapasitas saya sebagai Menko PMK, kan itu di bawah koordinasi dan evaluasi monitoringnya di bawah saya. Sehingga saya cukup banyaklah data tentang berbagai macam masalah yang ada,” ungkapnya.

Akan tetapi, Muhadjir menyebut secara overall sudah bagus penanganan haji. Hanya saja, kata dia, harus diingat bahwa haji itu komponen dari ibadahnya 30% dan 70% itu adalah akomodasi, transportasi, konsumsi, catering, dan juga persoalan administrasi. Percepatan-percepatan dan kemudahan yang diberikan kepada para jamaah sekarang juga sudah mulai ditangani dengan baik.

“Saya kira saya akan mencoba nanti mengumpulkan informasi-informasi, berbagai masalah. Termasuk tata kelola kaitannya dengan hubungan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi. Saya kira banyak hal yang perlu kita tindak lanjuti,” katanya.

Presiden RI Prabowo Subianto lantik Dudung Abdurachman sebagai Penasihat Khusus.

Dilantik Jadi Penasihat Khusus Prabowo, Segini Gaji yang Didapat Luhut hingga Terawan

Presiden Prabowo Subianto telah melantik Luhut Binsar Pandjaitan hingga Terawan Agus Putranto sebagai Penasihat Khusus Presiden.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2024