Menteri Lingkungan Hidup Era Prabowo Cuma Punya Harta Kekayaan Rp2,8 Miliar

Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK Hanif Faisol Nurofiq jadi Menteri Lingkungan Hidup.
Sumber :
  • Dokumentasi KLHK

Jakarta, VIVA - Hanif Faisol Nurofiq ditunjuk Presiden RI Prabowo Subianto menjabat Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Jadi Menteri BUMN di Kabinet Merah Putih, Total Harta Erick Thohir Capai Rp 2,3 Triliun

Hanif tercatat memiliki harta kekayaan sebanyak Rp2.802.197.150 atau Rp2,8 miliar.

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mengutup laman elhkpn.kpk.go.id, Hanif melaporkannya pada 17 Maret 2024 untuk masa periodik 2023.

Dari Jurnalis hingga Jadi Menteri Komunikasi dan Digital, Segini Harta Meutya Hafid

Hanif melaporkan LHKPN saat ia masih menjabat sebagai Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam LHKPN Hanif, dia tercatat punya harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp2.645.197.150. Tanah dan bangunannya tersebar di Kota Tanah Bumbu dan kota Banjar.

Bahlil Sebut Golkar Dapat Jatah 8 Menteri karena Berikan Ketua MPR kepada Gerindra

Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Hanif memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp 125.000.000. Harta itu berupa mobil Toyota Sedan Corolla Altis tahun 2012.

Dia tak memiliki harta bergerak lainnya, surat berharga, dan harta lainnya. Namun, Hanif memiliki kas dan setara kas sebanyak Rp32.000.000.

Diketahui, usai dilantik, Prabowo Subianto pada malam harinya langsung mengumumkan deretan nama menteri, wakil menteri, kepala badan di kabinetnya pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Sebagian besar dari mereka sebelumnya sudah dipanggil ke kediaman pribadi Prabowo di Kertanegara. Selain itu, mereka ikut pembekalan di Hambalang Bogor. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya