Satgas Damai Cartenz Tangkap DPO KKB Mairon Tabuni di Ilaga Puncak Papua

DPO KKB yang ditangkap Satgas Damai Cartenz
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua, VIVA – Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak bernama Mairon Tabuni alias Solikin, di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Senin, 21 Oktober 2024, pukul 09.05 WIT.

Promosikan Judi Online, Selebgram Asal Bogor Ditangkap

Penangkapan ini dilakukan berdasarkan keterlibatannya dalam kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil, Sudirman, yang merupakan pedagang kios di Ilaga, Kabupaten Puncak, pada 23 Mei 2024.

Dalam peristiwa penyerangan tersebut, korban mengalami luka tembak serius di bagian punggung kaki kanan hingga tembus ke telapak kaki, serta luka di tulang kering kaki kiri yang tembus ke betis. Kasus ini tercatat dalam laporan polisi LP/B/6/V/2024/SPKT/Polres Puncak dan DPO/11/VI/Res.1.7/2024/Reskrim.

Warga Papua Penyuplai Amunisi ke Pimpinan KKB Diciduk TNI-Polri

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Rahmadani

Photo :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, membenarkan penangkapan ini. 

Aparat Tangkap 3 Anggota KKB Bawa Uang Tunai Rp100 Juta untuk Beli Senjata Api

“Kami telah mengamankan DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin. Yang bersangkutan terlibat dalam kriminal penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga Kabupaten Puncak,” ungkap Brigjen Faizal.

Faizal menambahkan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) DPO Mairon Tabuni merupakan anggota KKB Kepala Air pimpinan Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak. Saat ini, Mairon Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus bekerja keras untuk menegakkan hukum terhadap KKB di Papua demi terciptanya Papua yang aman dan damai,”ungkap Faizal.

Natalius Pigai berjalan saat dipanggil Presiden Prabowo Subianto dalam pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Natalius Pigai, Putra Asli Papua yang Aktif Suarakan Nasib Rakyatnya Jadi Menteri HAM

Natalius Pigai diumumkan oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri HAM pertama di Indonesia. Di dalam karyanya, Pigai banyak menulis tentang kondisi HAM di Papua.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2024