Menteri Dikti Prof Satryo: Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tetap Berjalan

Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi, Satryo Soemantri Brodjonegoro
Sumber :
  • Kemendikbud

Jakarta, VIVA – Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Dikti Saintek) 2024-2029, Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro, menegaskan bahwa program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan terus dilaksanakan.

Kampus Merdeka Fair 2024 Kuatkan Gerakan MBKM Mandiri di Sumatera Barat

"Kita akan melanjutkan dengan berbagai perbaikan yang diperlukan. Kalau sudah baik ya sudah, yang belum baik diperbaiki," ujarnya setelah serah terima jabatan di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Satryo menambahkan bahwa langkah ini sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto agar para menteri, termasuk dirinya, segera memulai pekerjaan sehari setelah pelantikan.

Diseminasikan Informasi, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi

Ia pun menekankan pentingnya menjamin kontinuitas pendidikan agar tidak terganggu, sehingga tidak ada perubahan yang dapat menyebabkan stagnasi di kalangan pelaku pendidikan, baik siswa maupun pendidik.

Menurutnya, keberhasilan pendidikan diukur dari kebahagiaan siswa dan pendidik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Peluang dan Sukses Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbudristek

"Tidak bisa kita mengadakan perubahan tiba-tiba dengan konsep baru, karena itu dapat menyebabkan kemunduran yang tidak bisa kita tangani," jelasnya.

Satryo juga menekankan bahwa pembelajaran ke depan harus diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kemampuan ini penting agar lulusan Indonesia mampu beradaptasi di pasar kerja yang tidak pasti pada tahun 2030, terutama dengan meningkatnya penggunaan teknologi.

"Kita harus mentransformasikan metodologi pendidikan kita. Harus membuat anak-anak kita semua punya critical thinking. Otherwise, kita tidak bisa survive di masa depan," tegas Satryo.

20 Mahasiswa MSIB Kampus Merdeka Bergabung di VIVA.co.id, Jumat 6 Septmber 2024

20 Mahasiswa MSIB Kampus Merdeka Bergabung di VIVA.co.id, Siap Hadapi Dunia Kerja

VIVA.co.id sambut kedatangan 20 Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 7 dari Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Magang antusias ikuti program

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024